10 Cara Agar Website Optimal DiPerangkat MobileAkhir-akhir ini dunia sudah mulai beralih dalam mengakses Web, bukan lagi pakai komputer desktop tapi rata-rata sudah menggunakan perangkat mobile. So … Mulai sekarang Website kita harus dirancang sedemikian rupa agar bisa dilihat di layar terkecil sekalipun.

Seiring berjalannya waktu, semakin banyak orang yang mengandalkan perangkat seluler dalam membuka web, oleh karena itulah kita perlu memastikan bahwa situs kita sudah mobile friendly atau sudah bisa dibuka di ponsel atau HP dengan tampilan maksimal tanpa harus ada yang hilang atau terlalu kecil tampilannya. Inilah satu-satunya cara guna menjangkau pengguna yang ditarget melalui platform yang mereka gunakan.

Berikut adalah beberapa cara dalam memastikan situs web kita sudah optimalkan dalam seluler yaitu :

Pahami / Kenali Pengunjung Web Kita

Hal pertama yang harus kita lakukan adalah menentukan siapa pengunjung web kita. Jangan mencoba untuk melayani semua orang pada saat bersamaan, karena ini mungkin akan merugikan klien lain dalam jangka panjang. Setelah kita tahu siapa pengunjung web kita, cari tahu perilaku khas mereka di web. Bila sudah ditentukan ini, cari tahu apa yang mereka cari di internet. Beberapa orang menjelajah web tanpa tujuan akan tetapi ada pengunjung yang melakukannya untuk suatu tujuan. Bergantung pada siapa pengunjung web kita, yang jelas kita harus bisa memberikan apa yang mereka cari.

Buat Semua Konten Website bisa diakses Pengunjung

Ada desainer web yang menyembunyikan beberapa konten yang ada di situs web mereka ketika diakses melalui ponsel. Terkadang mereka melakukan hal ini saat mereka merasa kontennya terlalu banyak untuk user atau pengunjung. Rasanya tidak ada manfaatnya jika kita melakukan hidden content, bahkan tujuan kita membuat konten agar orang lain bisa membaca dan memahami apa yang kita inginkan. Jadi sebaiknya buat semua konten bisa diakses melalui ponsel agar kita pengunjung betah di website kita.

Loading Website Cepat Ketika Diakses

Salah satu hal yang sangat disukai pengunjung web adalah web mudah dan cepat dibuka ketika diakses. Dalam banyak kasus, pengunjung yang mengakses melalui ponsel atau HP meninggalkan situs web yang sangat lambat ketika diakses sehingga hal ini berdampak sangat tidak baik buat reputasi web kita dimata mesin pencari. Hal-hal yang bisa kita lakukan agar web cepat loadingnya adalah optimalkan gambar, kecilkan kode, manfaatkan cache browser dan yang lainnya. Dengan cara ini, pengunjung web bisa dengan cepat mengakses situs dan cepat mendapatkan informasi yang dibutuhkan dari web kita.

Design Web Yang Eye Catching

Pengguna perangkat mobile modern menggunakan jari di tempat mouse pointer untuk klik di web. Oleh karena itu, Anda harus mencatat hal ini dan memastikan bahwa desain Anda akan sangat mudah dinavigasi dengan menggunakan jari-jari dari semua ukuran dan bentuk. Jangan biarkan pengguna Anda menekan begitu banyak agar mendapat respons, atau bahkan memperbesarnya agar tahu di mana harus diketuk. Jangan juga membiarkan mereka mengisi formulir, yang merupakan tantangan besar saat menggunakan jari.

To be Continue ….

Save

Save

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *