6 Komparasi Antara Android VS iOS

Android vs IosAndroid vs iOS – Pada saat ingin membeli perangkat handphone pintar atau smartphone, ternyata tidak hanya menemukan pilihan berupa merk dan tipe. Melainkan juga menentukan jenis sistem operasi, sebab di pasaran tersedia dua pilihan. Pertama iOS yang dikeluarkan oleh Apple untuk iPhone dan yang kedua adalah Android. Kira-kira mana yang terbaik? 

Android vs iOS

Berikut adalah sejumlah komparasi antara Android vs iOS, sehingga bisa membantu menentukan mana yang lebih sesuai selera maupun kebutuhan: 

  1. Harga 

    Aspek harga biasanya menjadi pertimbangan utama sebagian besar orang dalam membeli perangkat mobile. Apabila mencari harga paling murah sudah tentu Android adalah jawabannya. Sebab Anda masih bisa menemukan perangkat smartphone Android dengan harga dibawah  Rp 1 jutaan meski ada pula yang menembus angka belasan dan puluhan juta. 

    Bagaimana dengan iOS atau iPhone? Sejak awal perusahaan besutan Steve Jobs ini memang terkesan menyasar segmen pasar menengah ke atas. Sehingga untuk urusan harga biasanya cukup tinggi. Sebut saja seperti iPhone 11 dan iPhone 11 Pro yang dibandrol belasan sampai dua puluhan juta per unitnya. 

  2. Aplikasi 

    Aplikasi menjadikan perangkat smartphone lebih fungsional dan menarik untuk menemani keseharian. Android menawarkan aplikasi lebih banyak, pada tahun 2019 tercatat ada 2.57 juta aplikasi sementara di iOS hanya 1.84 juta. Sehingga perlu diakui pilihan aplikasi lebih banyak di Android, hanya saja aplikasi berkualitas biasanya diperkenalkan pertama kali di iOS baru kemudian ke Android. 

  3. Update 

    Khusus untuk segi update memang perangkat iOS lebih unggul, sebab Apple melakukan update secara konsisten sekaligus terjadwal. Penggunanya tidak perlu ganti ke perangkat baru untuk menikmati sistem operasi versi terbaru. Berbeda dengan Android yang satu perangkat hanya untuk satu versi Android tanpa bisa diupdate, kecuali Anda membeli smartphone dari Google Pixel. 

  4. Maps

    Pengguna Android untuk maps difasilitasi oleh Google Maps, sedangkan untuk iOS menggunakan Apple Maps. Mana yang lebih baik? Perlu diakui Google Maps masih unggul sampai sekarang. Terlebih ketika merilis fitur Street View yang menunjukan kerja keras Google dalam memetakan bumi sampai 16 juta kilometer, yakni setara dengan 400 kali mengelilingi bumi. 

    Google Maps lebih unggul karena daerah yang dipetakan lebih luas, praktis informasinya lebih akurat. Namun pengguna iOS juga bisa memakai Google Maps dan hal ini dilakukan oleh banyak pengguna iPhone. 

  5. Keamanan

    Sejak bertahun-tahun yang lalu sampai sekarang Apple menjadikan privasi pengguna sebagai nilai jual. Keamanan yang diberikan Apple memang lebih unggul sehingga jika Anda mengutamakan keamanan atau privasi bisa memilih iPhone berbasis iOS. Keamanan atau privasi ini terjamin karena Apple memiliki skema menggantungkan bisnis pada penjualan perangkat maupun software dan layanan. 

    Berbeda dengan Google yang menggantungkan bisnis pada iklan tertarget. Sehingga pengguna Android lebih sering melihat iklan dimana-mana setiap kali terhubung ke internet. Baik di browser maupun saat mengakses aplikasi tertentu yang diinstal ke perangkat. 

  6. Desain 

    Bagaimana dengan desain? Urusan desain awalnya iOS tampil selalu unggul dengan tampilan yang sekali lirik sudah ketahuan premium. Namun belakangan ini sudah ada beberapa vendor smartphone berbasis Android yang tampil premium juga. Namun kabarnya untuk kualitas material memang iPhone masih menjadi juara. 

Membaca detail perbandingan atau komparasi di atas, maka Anda bisa lebih mudah menentukan pilihan. Sebab baik Android maupun iOS sejatinya sama-sama memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *