Big DataBig Data – Satu lagi istilah dalam dunia teknologi komputerisasi yang wajib untuk diketahui, yaitu Big Data. Istilah ini semakin penting untuk dipelajari dengan perkembangan zaman yang berada pada era baru yaitu industri 4.0. Mengapa demikian? Sebab pada era baru ini, kehidupan manusia akan selalu bersinggungan dengan teknologi digital salah satunya adalah Big Data. Lantas apa sebenarnya big data ini? Silahkan simak informasinya berikut.

  1. Big Data Merupakan Teknologi Penyimpanan Data dengan Volume Besar

    Pada dasarnya belum ditemukan definisi kongkret mengenai big data ini. Namun sejumlah pihak memahami bahwa big data merupakan sebuah teknologi yang dapat melakukan penyimpanan data dengan skala atau volume besar. Teknologi ini penting mengingat penggunaan data yang kian hari semakin meningkat dan bertambah volumenya. Sehingga diperlukan sebuah teknologi yang mampu mengakomodir data tersebut.

  2. Istilah Big Data Muncul Sejak Abad Ke-20

    Istilah big data diketahui muncul sejak abad ke-20. Istilah ini pertama dikali diinisiasi oleh seorang ahli analisis industri, Doug Laney. Kala itu D. Laney menjelaskan tiga konsep penting dari big data, yaitu Volume, Variety, dan Velocity. Tiga konsep ini mewakili sebuah teknologi pengumpulan data dengan skala besar dan mampu mengakomodir data yang bervariasi.

  3. Tidak Hanya Mengatasi Volume, Big Data Juga Mempengaruhi Tindakan Putusan

    Dewasa ini big data tidak hanya dipandang sebagai teknologi untuk mengumpulkan data dengan volume besar (istilah lain menyebutkan Maha Data), namun juga mempengaruhi aspek pengambilan keputusan. Hal akan lebih terlihat pada ranah pengelolala atau manajemen bisnis. Adanya penggunaan big data, maka dapat mempermudah manager sebuah bisnis untuk mengambil tindakan atas pertimbangan data-data yang dimiliki.

  4. Big Data Juga Mampu Mengefisien Waktu

    Tidak hanya mempengaruhi tindakan putusan, ternyata big data juga dapat membantu mengefisienkan waktu. Hal ini berkaca dari penggunaan big data pada bidang bisnis. Pengelolaan data yang dapat dilakukan dalam skala besar dengan cepat, akan membantu menghemat waktu dari pengelolaan bisnis tersebut. Sehingga hal ini akan sangat menguntungkan bagi pemilik bisnis.

Demikian sedikit pembahasan tentang Big Data, semoga lain waktu bisa kita explore lebih dalam lagi tentang big data ini. Semoga bisa mencerahkan

Info Training dan Kursus Big data hubungi
0896-5331-2998

Info Jadwal Training Computer Klik Disini

Big Data

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *