Kelebihan Maupun Kekurangan Bahasa Pemrograman python

Bahasa Pemrograman Python

Tengah menimbang bahasa pemrograman mana yang akan dipelajari lebih dalam atau dikenali? Maka bisa mencoba mempertimbangkan bahasa pemrograman python yang saat ini tengah naik daun dan diperkirakan akan terus naik pamor. Mengapa demikian? Sebab menjadi salah satu bahasa pemrograman yang sifatnya resmi dan saat ini digunakan oleh Google.

Kelebihan Bahasa Pemrograman Python

Bagi tenaga profesional di bidang IT dijamin memiliki ketertarikan tinggi untuk menguasai bahasa pemrograman bertajuk python ini. Selain dikenal sebagai salah satu bahasa pemrograman yang digunakan oleh Google. python juga dikenal sebagai bahasa pemrograman yang wajib dikuasai para IT, karena fungsi atau penggunaannya yang sangat fleksibel.

Diketahui bahwa bahasa pemrograman python ini multifungsi, mulai dari fungsinya untuk mengembangkan website. Sampai pengembangan maupun pengelolaan sebuah aplikasi online baik berbasis Android maupun iOS. Melihat perkembangan website dan aplikasi online di smartphone yang cukup pesat, maka menguasai python bisa memberi keuntungan tersendiri.

Terlepas dari nilai tambah dari kemampuan menguasai python, rupanya bahasa pemrograman satu ini juga menyimpan banyak kelebihan. Beberapa diantaranya adalah:

  1. Terbilang Cukup Mudah untuk Dipelajari

    python selama ini diketahui memiliki kelebihan untuk mudah dipelajari, hal ini berhubungan dengan syntax yang sederhana. Bersama python seorang programmer tidak perlu pusing dengan kalimat coding yang panjang. Selama ini bahasa pemrograman ini juga kerap digunakan karena alasan codingnya yang cenderung pendek-pendek.

    Jika codingnya saja sudah sederhana dan jauh dari kata panjang, otomatis membuatnya mudah untuk dipelajari. Programmer tidak memerlukan coding yang sangat panjang untuk memunculkan sebuah fitur atau sekedar menampilkan warna pada website maupun aplikasi. Kemudahan ini membuatnya disukai dan terus digunakan oleh berbagai perusahaan besar.

    Namun, meskipun python memiliki coding yang simpel bukan berarti sangat mudah dipelajari dan memerlukan waktu singkat. Kembali lagi pada karakter Anda pribadi ketika mempelajarinya. Jika memang fokus saat menerima materi maka dijamin akan mempercepat proses pembelajaran dan penguasaannya, pun sebaliknya.

  2. Mudah untuk Diaplikasikan

    Bahasa pemrograman ini juga terbilang mudah untuk diaplikasikan, tak hanya karena codingnya yang sederhana dan pendek. Namun juga library yang cukup luas sehingga bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan. Nantinya python ini bisa memunculkan aneka jenis fitur sampai tampilan dari apa yang dikerjakan.

    Mudah diaplikasikan disini juga berlaku untuk penerapannya dimana karena tidak hanya ideal untuk membangun sebuah website. Namun bisa pula untuk membangun aplikasi online, perangkat lunak atau software, aplikasi situs, dan juga pada video game. Sehingga media untuk mengaplikasikan bahasa pemrograman ini cukup luas.

    Artinya ketika seorang programmer menguasainya maka bisa memiliki banyak keahlian di dunia digital. Nantinya bisa menerima pesanan atau pekerjaan untuk membangun maupun mengelola website, aplikasi, sampai video game. Cukup kompleks dan menawarkan keuntungan jangka panjang bagi tenaga IT yang sukses menguasainya.

  3. Mendukung Ekosistem IoT

    IoT atau Internet of Things merupakan salah satu jenis teknologi yang memungkinkan seorang programmer menghubungkan benda-benda di sekitarnya menjadi satu. Penggunaan ekosistem satu ini semakin sering dijumpai, karena sifatnya tersebut. Menariknya bahasa pemrograman python mendukung ekosistem IoT ini sehingga membuatnya tepat untuk dipelajari.

    Kepopuleran IoT sejalan dengan populernya bahasa python, karena memang keduanya kerap digunakan. Saat ini baik IoT maupun python saling terhubung atau saling berkesinambungan membangun sebuah sistem yang baru dan kekinian. Bagi Anda yang mempelajari IoT maka wajib pula mempelajari python, pun sebaliknya.

  4. Bisa Digunakan di Berbagai Sistem Operasi

    Butuh rekomendasi bahasa pemrograman yang mudah digunakan di berbagai sistem operasi? Maka python menjadi jawabannya, karena selama ini terbilang cocok digunakan di sistem operasi apapun. Sebut saja seperti Unix, Windows, Linux, dan juga Mac OS X. Jika Anda menggunakan salah satunya, jadi tidak perlu cemas selama menguasai python.

    Sebab mengerjakan berbagai tugas entah membangun situs maupun aplikasi dengan python sebagai coding di dalamnya. Tidak perlu pindah ke perangkat berbeda karena mengejar satu sistem operasi. Lantaran sifat python yang bisa diterapkan dan bisa dijalankan di berbagai sistem operasi yang disebutkan di atas.

    Jika codingnya saja sederhana dan juga bisa dijalankan di nyaris semua sistem operasi, maka akan memaksimalkan produktifitas seorang programmer. Sebab tidak perlu menyita waktu berlebihan untuk menyelesaikan coding dan cukup mengandalkan satu perangkat dengan satu jenis sistem operasi. Pekerjaan pun lebih cepat selesai dengan bahasa pemrograman ini.

Kekurangan yang Dimiliki

Meskipun bahasa pemrograman bernama python ini memiliki banyak kelebihan seperti yang sudah disampaikan di atas. Rupanya tak ada gading yang tak retak, pasalnya python juga memiliki beberapa kekurangan. Tentu saja wajib pula untuk diketahui sehingga bisa menjadi antisipasi ketika benar-benar mengaplikasikannya saat menjalankan sebuah proyek digital.

Bentuk kekurangan dari bahasa pemrograman satu ini tidak terlalu kompleks, namun bukan berarti bisa diabaikan. Berikut detailnya:

  1. Eksekusinya Cukup Lambat

    python pada dasarnya termasuk ke dalam bahasa pemrograman interpreter yang umumnya dijalankan menggunakan compiler. Sifat satu ini membuat python cenderung lambat ketika dieksekusi jika dibandingkan dengan bahasa pemrograman lainnya. Tentunya sebelum menggunakan python dalam proyek yang ditangani sebaiknya ketahui dulu kekurangan satu ini dan mencari solusinya.

    Meski dengan penggunaan kompiler membuat python memiliki eksekusi yang lebih lambat, namun kondisi ini tak selalu hanya disebabkan penggunaan python. Sebab eksekusi menjadi lambat juga bisa disebabkan oleh faktor lain, salah satunya ukuran dari program yang tengah dibuat.

  2. Kurang Maksimal untuk Komputasi Mobile

    Meski bisa digunakan di semua sistem operasi dan bisa digunakan untuk berbagai pembuatan program. Namun perlu diakui kinerja python untuk program berbasis mobile seperti aplikasi smartphone dan game online kurang maksimal. Meski begitu masih bisa digunakan, namun perlu antisipasi ketika kinerja program yang dibuat kurang optimal.

  3. Meningkatkan Kesalahan Saat Run Time

    Saat menulis coding programmer yang menggunakan bahasa pemrograman ini tidak mendeklarasikan variabel. Efeknya memang coding menjadi pendek, simpel, dan mudah untuk dipahami. Hanya saja alfanya penyebutan variabel juga meningkatkan kesalahan saat melakukan run time.

  4. Bisa Menyulitkan Penguasaan Bahasa Pemrograman Lain

    Fitur di dalam bahasa pemrograman python ini sangat banyak dan library yang dimiliki juga sangat banyak. Meski memberi kemudahan untuk dipelajari dan diterapkan ketika menyusun sebuah program. Namun efek jangka panjangnya adalah mengalami kesulitan untuk menguasai bahasa pemrograman lainnya, sehingga cenderung hanya bisa fokus di python.

Dimana Bisa Mempelajari Bahasa Pemrograman python?

Setelah mengetahui berbagai kelebihan dan kekurangan yang diusung oleh python, tentunya masing-masing perlu dipertimbangkan. Apabila memutuskan untuk mempelajari lebih dalam maka usahakan fokus agar lebih cepat dan maksimal. Anda bisa mempelajari bahasa pemrograman ini dengan mudah dan biaya ramah kantong. dengan mengambil kursus pemrograman python di MUST-TECH. Silahkan menghubungi kontak 0896-5331-2998 untuk materi python terbaik dan mudah dipahami. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *