Mengenal Bahasa Pemrograman R Beserta Kelebihannya

Bahasa Pemrograman RMenaklukan bahasa pemrograman R tentu perlu dilakukan bagi siapa saja yang ingin menjadi data analis atau IT.  Jenis dari bahasa pemrograman cukup banyak dan masing-masing memiliki kelebihan maupun kekurangan. Meski sama-sama memakai coding dengan perintah yang nyaris sama satu sama lain, namun fitur sampai dimana bahasa ini diaplikasikan menjadi pembedanya.

Mengenal Pemrograman R

Bahasa pemrograman satu ini juga sering disapa dengan R saja, yang dikenal sebagai bahasa perangkat lunak untuk mengerjakan hal-hal terkait komputasi stastistik. R sendiri pertama kali diperkenalkan pada 1993 oleh dua orang ahli statistika dari New Zealand. Yakni Rose Ihaka dan Robert Gentleman yang awalnya masih sangat sederhana.

Namun sebagai salah satu sistem perangkat lunak yang menyelesaikan masalah komputasi statitik, bahasa ini kemudian terus berkembang. Sampai detik ini perkembangan bahasa pemrograman R masih terus berlanjut. Apalagi sering digunakan untuk beragam tujuan dalam mengolah kumpulan data raksasa. Umumnya digunakan berbarengan dengan Python untuk menganalisis data dan menentukan solusi suatu masalah.

Kelebihan yang Dimiliki

Sebagai salah satu bahasa pemrograman yang memang sering digunakan untuk data scient, maka R sering direkomendasikan untuk dikuasai para IT. Tak akan sukar untuk mempelajarinya sebab R sendiri punya beberapa kelebihan berikut ini:

  1. Bisa Digunakan untuk Berbagai Tujuan

    R menjadi salah satu bahasa pemrograman yang memiliki lisensi GNU yang membuatnya bisa dinikmati tanpa biaya, alias gratis. Namun menariknya lisensi GNU ini ternyata tidak hanya menjadi pertanda jika pemakaiannya tidak berbayar saja. Akan tetapi juga memberikan kebebasan dalam penggunaannya.

    Sehingga R menjadi sistem perangkat lunak yang bisa dipergunakan untuk berbagai tujuan. Bahkan ahli IT yang menjalankan coding dengan teknik R mampu menciptakan coding baru ataupun menciptakan bug. Sehingga R mampu memberi kebebasan tanpa batasan apapun.

  2. Bisa Digunakan Kapanpun

    Sifat coding di dalam bahasa pemrograman R ini terbilang sangat fleksibel sehingga membuat masa pakainya tidak mengenal limit. Sekali dipelajari dan dikuasai maka bisa dipergunakan sampai kapanpun. Apalagi R ini bisa dipergunakan untuk beragam tujuan, mulai dari menganalisa data secara modern maupun klasik.

  3. Dapat Digunakan untuk Beragam Analisis Statistika

    Seperti yang sudah dijelaskan sekilas di point sebelumnya, bahwa R ini bisa dipergunakan untuk beragam tujuan. Sekaligus bisa dikombinasikan dengan Pyton untuk melakukan analisa data dalam skala besar. Otomatis membuat R ini bisa dipergunakan untuk beragam analisa, mulai dari metode analisa klasik sampai analisa secara modern.

  4. Siapa Saja Bisa Berkontribusi Memberikan Code Baru

    Siapapun yang memang pernah atau bahkan sudah menguasai pemrograman R ini maka bisa ikut berkontribusi untuk mengembangkannya. Sifatnya yang open source membuatnya bisa diakses oleh siapa saja dengan tujuan apapun. Bahkan untuk membuat code baru yang bisa dipergunakan untuk memunculkan fungsi atau fitur baru.

Para penggunanya juga bisa menciptakan bug baru, yang membuat code lama bisa dibaca eror untuk kondisi tertentu. Berkat karakter inilah yang membuat R sangat populer dan ditunjang dengan coding yang simpel maka mudah untuk dipelajari.

Melakukan analisa data tentu menjadi lebih mudah dan cepat dengan mempergunakan sistem perangkat lunak. R bisa dipergunakan untuk tujuan satu ini karena memang mampu mengolah data dalam skala besar. Sekaligus bisa dikombinasikan dengan Pyton untuk data scientis, sehingga jangan ragu untuk mempelajari bahasa pemrograman R sampai khatam.

Tertarik untuk belajar Bahasa R ? Silahkan hubungi kami MUS TECH di 0896-5331-2998 (bisa WA) baik untuk Privat, Inhouse Training maupun reguler class.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *