Mengenal Bahaya dari Brute Force dan Cara Tepat Mengatasinya 

Bahaya Brute Force Attack dan Cara Mengatasinya

Bahaya Brute Force Attack dan Cara Mengatasinya – Dalam dunia  maya memang memberi banyak kemudahan, baik untuk mengakses informasi maupun memenuhi kebutuhan berfisik seperti barang yang dijual online. Namun berinteraksi di dunia maya sekalipun sebagai pelaku tunggal, seperti sekedar mencari-cari informasi atau berita tertentu. Ternyata tidak serta merta membebaskan Anda dari resiko cyber crime, sehingga perlu waspada. 

Salah satu cyber crime atau kejahatan online adalah brute force yang memang sangat populer di dunia maya. Kejahatan ini tentunya perlu diwaspadai sebab memiliki mekanisme meretas password dari akun apapun yang dimiliki. Supaya bisa mencegah dan mengatasinya, kenali dulu brute force lebih dalam. simak selengkapnya dalam artikel Bahaya Brute Force Attack dan Cara Mengatasinya, biasakan baca samapai tuntas ya ….

Apa Itu Brute Force? 

Langkah pertama adalah mengenal apa itu brute force, istilah ini merujuk pada suatu tindakan membobol password. Cara yang digunakan umumnya seperti menggunakan berbagai bentuk password secara acak sampai menemukan yang cocok. Peretas juga akan menggunakan algoritma tertentu untuk menyusun password sampai sukses membobol sebuah akun. 

Algoritma yang digunakan biasanya acak, yakni dengan mengkombinasikan beberapa huruf dengan angka dan simbol tertentu. Sebelum melakukan aksinya, peretas umumnya sudah menyusun daftar kemungkinan password yang sesuai. Sehingga serangan semacam ini memakan waktu yang bervariasi, mulai dari hitungan jam, hari, bulan, bahkan tahunan. 

Cara Mudah Mengatasi Brute Force 

Pelaku peretas kebanyakan menggunakan tools atau alat pintar untuk menebak berbagai kemungkinan password supaya aksinya berlangsung lebih cepat. Setelah mengetahui apa itu brute force dijamin merasa lebih was-was atau khawatir. Sebenarnya aksi kejahatan satu ini bisa dicegah atau diatasi dengan banyak cara, seperti: 

  1. Mengunci Akun yang Dimiliki

    Meningkatkan keamanan akun agar password tidak mudah dibobol peretas adalah dengan mengatur penguncian. Meskipun setelah sukses membobol password penguncian bisa dibuka oleh peretas. Namun dengan melakukan penguncian proses membobol password menjadi lebih sulit, sehingga bisa dicoba. 

  2. Menggunakan Device Cookies 

    Selain penguncian akun, Anda juga bisa mencoba menambahkan atau menggunakan sistem device cookies. Langkah ini termasuk ke dalam sistem keamanan tambahan yang sangat efektif menghindari dan mengatasi brute force. Sistem keamanan ini akan melindungi halaman login dan halaman lain yang dianggap penting dari pengguna asing. 

  3. Menggunakan Captcha 

    Keamanan tambahan berikutnya yang bisa dipakai untuk melindungi keamanan akun adalah captcha. Sistem keamanan ini akan mewajibkan aktivitas login baru untuk menginput deretan kode tertentu. Biasanya ditanamkan di halaman login kredential untuk memastikan pengguna yang login bukan mesin atau robot. 

  4. Menyusun Password yang Sulit 

    Memaksimalkan susuna password barangkali menjadi upaya termudah untuk menghindari aksi brute force. Sebab Anda hanya perlu membuat susunan password yang sulit supaya lebih kuat. Menggabungkan banyak huruf dengan angka dan simbol membuat proses peretasan menjadi sangat sulit. Supaya tidak lupa sendiri, maka penting untuk mencatat susunan password rumit tersebut. 

  5. Mengatur Limit untuk Login ke Akun 

    Aksi brute force memiliki mekanisme umum menebak susunan password, yang otomatis membuat peretas melakukan upaya login sampai berkali-kali. Sehingga sangat tepat jika Anda mengatur limit login ke akun pribadi tersebut. Sehingga setelah upaya login ketiga atau ke berapa, proses otomatis langsung dihentikan. Sama halnya dengan sistem keamanan untuk PIN kartu debit, jika salah input tiga kali maka tidak bisa digunakan selama 1×24 jam. 

Jika merasa butuh bantuan untuk memastikan susunan password yang dimiliki sudah cukup atau sangat kuat. Maka bisa menghubungi 089653312998 untuk mendapatkan password yang memberi keamanan maksimal pada akun Anda. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *