Inilah Hal-Hal Penting yang Perlu Diketahui Saat Mempelajari Bahasa python

Belajar Bahasa Pemrograman PythonBelajar Bahasa Pemrograman Python – Ingin profesional di dunia IT, maka tidak ada salahnya mengembangkan keahlian di dalam bahasa pemrograman yang jenisnya sangat banyak. Anda tak perlu menguasai semuanya, cukup utamakan yang populer dan jamak digunakan perusahaan. Maka keahlian satu ini akan mendatangkan banyak keuntungan baik dari segi finansial maupun aspek lainnya.

Salah satu bahasa pemrograman resmi yang juga wajib untuk dikuasai karena sangat populer, adalah bahasa python. Sekilas namanya memang mirip dengan salah satu jenis ular berukuran besar karena sesuai dengan logonya. Terlepas dari asal-muasal penamaan bahasa pemrograman ini nyatanya sangat populer dan banyak dipilih, ditambah mempelajarinya tergolong lebih mudah.

Hal-Hal yang Wajib Diketahui Sebelum Mempelajari python

Jika Anda memutuskan untuk mempelajari python, maka mulailah dengan mengetahui dulu apa saja yang perlu diketahui dari bahasa pemrograman satu ini. Berikut detail informasinya:

Apa Itu Bahasa Pemrograman Python?

Sebelum mempelajari sebuah bahasa pemrograman Anda memiliki kebutuhan dan kewajiban untuk mengenal detail bahasa yang dipilih. Ibarat hendak menikah tentunya akan sulit harmonis jika tidak kenal dengan pasangan. Begitu pula saat mempelajari bahasa pemrograman, pastikan kenal dulu untuk mengetahui kelebihan maupun kekurangannya.

Secara sederhana python merupakan salah satu bahasa pemrograman yang kerap digunakan untuk berbagai keperluaan. Saat ini python paling sering digunakan untuk tujuan pembuatan maupun pengembangan sebuah situs. Beberapa perusahaan juga memakainya untuk menciptakan aplikasi Android maupun iOS, bisa pula digunakan untuk mengembangkan sebuah video game.

python ini ditemukan dan dikembangkan oleh dua orang, yakni Guido dan juga Rossum yang kemudian semakin dikenal luas. Hal ini sejalan dengan kemudahan yang ditawarkan oleh python sehingga tak butuh waktu lama untuk membuatnya dilirik banyak IT.

Keunggulan yang Dimiliki python

Poin kedua yang harus dipahami dulu sebelum mempelajari bahasa pemrograman python ini adalah masalah keunggulannya. Adapun keunggulannya antara lain:

  • Termasuk mudah untuk dipelajari, terutama dari coding yang cenderung mempergunakan kosakata bahasa Inggris.
  • Termasuk bahasa mesin cross platform, artinya bisa digunakan di berbagai sistem operasi baik Windows, Linux, Mac, dan sebagainya.
  • Memiliki library yang luas dan sifatnya gratis.

Cara Download

Langkah berikutnya untuk mempersiapkan diri lihai dalam mengolah bahasa pemrograman python ini adalah paham betul cara mengunduhnya. Tak sulit untuk menanamkan python ini di perangkat kerja yang Anda miliki. Berikut langkah-langkah pengunduhan atau downloadnya:

  • Kunjungi situs resminya, dan jangan khawatir karena python bisa diunduh secara gratis pun dengan penggunaannya.
  • Cari tombol “download” yang disediakan oleh situs resminya, tinggal klik dan ikuti perintah yang termuat di layar perangkat Anda.
  • Jangan lupa pilih jenis sistem operasi yang sesuai dengan OS dari perangkat kerja yang digunakan.
  • Tunggu hingga proses pengunduhan selesai.
  • Instal seperti program lainnya, dan jika berhasil maka bahasa pemrograman python ini akan tampil di daftar menu perangkat Anda. Hal-Hal yang Perlu Dipelajari oleh Pemula

Setelah hal-hal mendasar di atas sudah dipahami dan diterapkan, maka Anda pun siap untuk mempelajari bahasa pemrograman python ini. Bagi pemula, berikut merupakan beberapa point yang bisa dipelajari terlebih dahulu di awal:

Aturan Dasar dalam Coding python

python merupakan bahasa pemrograman dengan coding yang terbilang minimalis, sehingga cukup mudah untuk dipelajari. Meski mudah namun di dalam python memiliki beberapa aturan dasar dalam penulisan coding sama halnya dengan bahasa jenis lainnya. Berikut detail aturan codingnya:

  • python memerlukan coding statement terminator yakni coding berbentuk tanda titik koma (;), tipe coding ini juga kerap dijumpai pada bahasa pemrograman lainnya.
  • Penggunaan case sensitive, yakni penting untuk memperhatikan penggunaan huruf besar dan kecil agar python dapat berjalan baik dan menghindari pesan error. Jadi di dalam python ada aturan penulisan print bukan dengan “print” dimana huruf p kecil, melainkan kapital yakni “Print”.
  • Dianjurkan untuk melakukan indentations, yakni menempatkan beberapa baris coding agar menjorok masuk ke dalam dibanding coding lainnya. Tujuannya adalah mempermudah proses pengecekan dan perbaikan area coding yang error dengan lebih cepat dan tepat.
  • Dianjurkan pula untuk membuat comment, yakni kolom komentar yang tidak mempengaruhi jalannya program yang dibuat dengan python. Namun lebih kepada fungsinya sebagai alat bantu, yakni memasukan keterangan bahwa coding yang ditulis bertujuan untuk apa. Jika pembuatan program melibatkan banyak IT maka penambahan comment ini sangat penting untuk diterapkan.

Cara Pembuatan Variabel

Sudah menjadi hal lumrah jika di dalam penulisan coding bahasa pemrograman akan mempergunakan variabel. Variabel ini bertujuan untuk menampilkan sebuah rumus Matematika, misalnya saja ada proses perhitungan dari program yang dibuat. Umumnya perlu coding yang lumayan dan statement yang tepat agar variabel ini dapat terbaca.

Lantas, bagaimana dengan python? Rupanya ada kelonggaran disini karena python sendiri ternyata tak membutuhkan variabel yang saklek. Sebab Anda bisa menambahkan tanda sama dengan (=) untuk menyebutkan hasil atau sebuah proses yang ingin dijalankan. Jika ingin mencetak maka bisa menambahkan coding “Print” sebelum perintah berikutnya.

Tentunya dengan karakter pembuatan variabel yang simpel ini memberi kemudahan bagi siapa saja untuk mempelajarinya. Bagi pemula pun dijamin tidak akan menjumpai kesulitan, apalagi jika belajar dari sumber yang tepat dan terbaik. Usahakan fokus dulu di python sebelum beranjak ke bahasa lain agar proses belajarnya lebih maksimal.

Jenis-Jenis Tipe Data

Point berikutnya yang perlu dipelajari dan diingat saat menekuni bahasa python ini adalah soal tipe data yang bisa digunakan di dalam coding. Jenisnya ada beberapa, berikut detailnya:

  • Jenis tipe data pertama adalah string, yakni tipe data berupa teks yang bisa digunakan untuk menampilkan sebuah kata atau kalimat. Batas maksimal jumlah karakter di dalam teks yang diketik nantinya bergantung dari spesifikasi perangkat yang dipakai.
  • Tipe data kedua adalah data number, tentu bisa ditebak jika tipe satu ini berupa angka dan jenisnya ada tiga. Pertama angka genap dari angka 1-200, ada angka float untuk angka desimal seperti 0.1 atau 0.2 dan seterusnya. Data angka ketiga adalah angka kompleks yang terdiri dari angka dan huruf, misalnya 1J, 2F, dan seterusnya.
  • Tipe data boolean yang hanya berisi dua data yakni true dan juga false.
  • Tipe keempat adalah data list, yang di dalamnya bisa diisi dengan berbagai jenis tipe data. Tidak harus tipe data yang sama namun bisa campuran, misal data number dengan boolean dan lain sebagainya.
  • Tipe data tuple yang juga berisi daftar berbagai tipe data lainnya, dan nyaris sama fungsinya dengan data list di point sebelumnya.

Meski dikenal mudah bukan berarti hanya butuh beberapa jam atau hari untuk menguasai bahasa python ini. Tetap ada beberapa hal penting yang wajib diketahui dulu agar proses pembelajarannya lebih mudah, yakni sesuai uraian di atas. Jika Anda butuh tempat kursus python terbaik maka bisa menghubungi kontak 0896-5331-2998.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *