Cara Install Templete atau Theme di Moodle Siapa bilang tampilan itu tidak penting, penampilan sangat menentukan pada kesan pertama. Banyak orang mati-matian memperbaiki penampilan demi deal dengan client, demi mendapatkan perhatian banyak orang. Sebegitu pentingnya Penampilan bagi sebagian orang sampai berapapun nilainya dia berani berkorban.

Begitu juga dengan dunia per-web-an, semakin menarik dan elegen penampilannya maka orang yang berkunjung akan merasa nyaman.

Nah hal ini berlaku pada aplikasi e-learning moodle, semakin menarik tampilan front end dan backendnya maka kesan pertama itu bukan moodle, kenapa? Karena tampilan default moodle pada dasarnya adalah biasa-biasa aja. Tampilannya kaku, dan cenderung tidak menarik karena moodle fokus pada fungsi aplikasi. Untuk sekelas aplikasi e-learning yang ada saat ini moodle lah yang memiliki fitur lengkap. Hampir semua fitur di e-learning yang kita butuhkan ada, tinggal pakai dan Gratis pula.

Lengkap di fitur tapi kurang di penampilan maka guna menutupi kekurangan moodle digunakanlah pakaian themes yang lebih menarik dan elegan. Banyak yang jual theme untuk moodle tinggal kita pilih model seperti apa yang kita butuhkan. Dengan mengeluarkan sedikit uang saku kita maka tampilan moodle kita sudah menarik dan elegan.

Namun pada tulisan kali ini kami bukan mau membahas soal gimana cara pesen theme untuk moodle tapi kami disini fokus bagaimana meng-install theme yang diasumsikan kita sudah membelinya. BerikutĀ ini Cara Install Templete atau Theme di Moodle dengan cara yang mudah dan gampang untuk di ikuti.

Berikut iniĀ Cara Install Templete atau Theme di Moodle

  1. Login ke halaman Administrator
  2. Kemudian klik Site Administration
  3. Selanjutnya pilih menu plugin pada tab menu sebelah kanan
  4. Lalu pilih Plugin dan Klik Install Plugins
  5. Kemudian langkah selanjutnya adalah klik choose file atau memilih file themes yang akan kita masukan. Ikuti langkah selanjutnya dengan memilih file dan upload this file

Proses upload file themes selesai, maka langkah selanjutnya adalah Cara Mengaktifkan Themes, apa saja langkah-langkah yang harus dilakukan? Berikut ini langkah-langkah nya yaitu :

  1. Masih di halaman admin pilih Site Administration
  2. Kemudian pilih Appearance
  3. Scrool kebawah pilih Themes dan klik Themes Selector
  4. Lalu pilih themes dengan Change Theme
  5. Selanjutnya klik Use Theme

Sampai disini Cara Mengaktifkan Themes selesai, artikel selanjutnya adalah setting themes dengan utak-atik setingan theme. Kalau masih bingung silahkan hubungi kami di 0896-5331-2998 atau Ikuti Kursus dan Training E-Learning di Mus Tech.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *