Ini Tips Seru dan Cara Mudah Belajar Fisika

cara mudah belajar fisikaRasanya bukan hal aneh bila banyak yang mengatakan bahwa fisika itu pelajaran yang susah, rumit, menyeramkan, dan bisa bikin pusing. Apakah Anda termasuk salah satu yang beranggapan demikian? Memang tak semua orang harus menyukai ilmu fisika. Namun, segala sesuatu pasti ada triknya.

Bila fisika dianggap sulit, ini pasti juga ada penyebabnya. Dan kebanyakan penyebab bidang pelajaran ini sulit bukanlah pada objek yang dipelajari melainkan justru berasal dari subyek yang mempelajarinya. Jadi, boleh meluangkan waktu sedikit untuk membaca tips dan cara mudah belajar fisika berikut ini.

Tips Belajar Fisika dengan Seru dan Mudah

Ilmu fisika merupakan salah satu cabang ilmu sains yang pastinya cakupannya sangat luas. Yang membuat ilmu fisika seringkali menjadi momok menyeramkan sebenarnya bukan pada objek yang begitu luas melainkan karena Anda belum bisa menemukan ‘klik’ terhadap bidang studi yang satu ini. Berikut ini adalah beberapa cara dan tips yang bisa membuat Anda lebih seru dan asik dalam mempelajari ilmu fisika.

1. Terapkan ‘Fisika bukanlah Matematika’

Salah satu hal yang membuat pelajaran fisika seringkali di cap sulit dan rumit karena adanya persepsi fisika itu sama saja dengan matematika. Keduanya sama-sama ada perhitungannya, rumus-rumusnya, ataupun lainnya. Bila demikian, lantas apakah sungai dan laut sama karena sama-sama ada air di dalamnya? Tentu tidak bukan?

Nah, persepsi fisika sama dengan matematika hendaknya dihilangkan sejak awal supaya belajar fisika jadi lebih mudah dan menyenangkan. Bagaimana caranya?

  • Anda harus melihat fisika dari sisi peristiwa, proses, dan fenomena alamnya, bukan pada perhitungannya.
  • Selanjutnya, setiap Anda akan belajar tentang materi fisika, Anda jangan melihat langsung pada rumusnya melainkan lihat saja judulnya.
  • Pahami juga bahwa adanya rumus-rumus dalam pelajaran fisika bukanlah matematika melainkan itu digunakan untuk mempermudah dalam belajar fisika.

2. Mulai Sukai Ilmu Fisika

Mungkin Anda merasa aneh bagaimana bisa menyukai bila selama ini tak pernah suka bahkan seringkali menghindarinya. Apakah Anda lupa bahwa ada ungkapan Jawa sederhana ‘witing tresno jalaran saka kulina’ yang artinya timbulnya suka berasal dari terbiasa.

Bisa jadi selama ini Anda tidak menyukai fisika karena Anda tak pernah benar-benar mengenalinya. Jangankan mengenal, mendekatinya saja tidak mau. Anda hanya melihatnya dari luar dan serta merta menganggap bahwa fisika itu sulit. Nah, bila Anda ingin lebih mudah belajar fisika maka Anda sebaiknya mulai menyukai pelajaran tersebut.

3. Rumus Justru Membantu Mempermudah dalam Memahami Konsep FIsika

Masalah rumus-rumus ini seringkali menjadi dalih yang membuat orang tak menyukai fisika. Hal ini muncul karena banyak yang menyamakan fisika dengan matematika meskipun keduanya sangatlah berbeda.

Rumus memang seringkali identik dengan matematika namun bukan berarti semua rumus akan rumit seperti dalam matematika. Rumus-rumus yang ada dalam ilmu fisika justru mempermudah dalam memahami hubungan antar satu hal dengan hal-hal lainnya yang menjadi konsep fisika yang sedang Anda pelajari.

4. Pahami Konsep sebelum Menggunakan Rumus

Masih berkaitan dengan poin ketiga di atas. Sebelum Anda menganggap fisika itu rumit dan memusingkan karena adanya rumus-rumus, Anda harus mengetahui terlebih dahulu tentang konsep fisika itu sendiri dalam menyelesaikan masalah yang ada pada soal-soal.

Materi dalam ilmu fisika itu selalu berkaitan dengan fenomena atau kejadian fisika yang bisa kita lihat serta rasakan di alam ini. Inilah mengapa jauh lebih penting untuk memahami konsep mendasarnya terlebih dahulu ketika mempelajari ilmu fisika maka rumus-rumus yang berkaitan dengan konsep tersebut akan mudah hapal secara sendirinya.

Jadi, untuk bisa lebih mudah mempelajari fisika maka pahami terlebih dulu konsepnya baru gunakan rumusnya yang bisa memudahkan dalam menyelesaikan masalah di soal.

5. Pelajari Mulai dari Tingkat Paling Dasar

Tentu saja, bila Anda mempelajari ilmu fisika hendaknya memulainya dari materi paling dasar terlebih dahulu menuju ke materi dan konsep yang lebih tinggi. Ini akan memudahkan Anda untuk lebih memahami materi fisika karena banyak konsep fisika di tingkat tinggi yang memiliki relevansi dari materi-materi sebelumnya.

6. Perbanyak Latihan Soal

Untuk menghadapi musuh pastinya dibutuhkan keberanian. Bila selama ini Anda menganggap ilmu fisika sebagai musuh yang menyeramkan, pastikan Anda meningkatkan keberanian untuk bisa menghadapinya. Bila Anda sudah takut sebelum memulai maka Anda tak akan pernah mengetahui betapa seru dan menyenangkan mempelajari fisika.

Sebagaimana proses mempelajari konsep dan materi yang dimulai dari tingkat paling dasar, dalam mengerjakan latihan soal pun hendaknya dimulai dari soal-soal yang paling mudah terlebih dahulu.

Bila Anda sudah terbiasa mengerjakan soal-soal yang mudah maka Anda bisa meningkatkan ke tingkat yang lebih rumit dan bervariasi secara perlahan-lahan. Kemenangan demi kemenangan dalam menaklukkan berbagai soal bisa menjadi hal yang sangat menyenangkan bahkan bisa saja membuat ‘kecanduan’ untuk terus berlatih.

Dengan memperbanyak latihan dan mengerjakan soal-soal maka Anda bisa semakin mahir. Rasa takut terhadap ilmu fisika pun perlahan kan menghilang dan berganti pada rasa suka.

Mempelajari segala sesuatu memang terasa tak mudah pada awalnya termasuk ketika ingin belajar fisika yang banyak dianggap sebagai pelajaran rumit dan sulit. Namun, ini bukan berarti tak bisa ditaklukkan. Anda hanya butuh trik dan rasa ‘klik’ untuk bisa membuat belajar fisika terasa lebih seru dan mudah. Beberapa tips dan cara mudah belajar fisika diatas semoga bisa membantu dan bermanfaat. Selamat belajar fisika dengan lebih menyenangkan!

Artikel ini dipersembahkan untuk Homeschooling Jakarta Fikar School Sekolah Karakter, Homeschooling Indonesia 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *