Keunggulan Menggunakan Database PostgreSQL

Database PostgreSQLDatabase PostgreSQL adalah sebuah sistem database relasional dengan objek open source yang kuat. Database ini memiliki reputasi yang kuat dalam mengintegrasi data serta benar dan akurat. Peranti lunak ini juga merupakan salah satu basis data yang paling banyak digunakan saat ini. Artikel ini akan membahas mengenai keunggulan menggunakan database PostgreSQL.

Kelebihan Menggunakan Database PostgreSQL

Database PostgreSQL memiliki kecepatan yang maksimal meski dalam keadaan load yang tinggi. Database PostgreSQL memiliki kecepatan yang tinggi bahkan hingga mengalahkan kecepatan MySQL dalam hal query, dengan klausa JOIN dalam tingkat yang kompleks meskipun di dalam kondisi load sedang tinggi. Database ini memiliki jumlah koneksi simultan yang besar.

Database ini memiliki Arsitektur Multiproses. Arsitektur multiproses yang dimiliki oleh database PostgreSQL menjadikan database ini mempunyai stabilitas yang tinggi. Hal ini memungkinkan PostgreSQL bekerja lebih powerfull dikarenakan seluruh daemon tidak akan mati meskipun mengalami satu proses anak mati.

Database ini memiliki tipe sistem data Geometri. Database PostgreSQL akan semakin memudahkan pengguna dikarenakan database system ini telah support berbagai tipe data geometri. Tipe data geometri yang disupport nya yakni seperti data titik, garis, lingkaran dan polygon yang seringkali berguna untuk aplikasi-aplikasi tertentu.

Menyediakan seluruh fitur Database nya. PostgreSQL juga menyediakan berbagai macam fitur database yang pada umumnya juga terdapat pada produk-produk database komersial lain. Kemampuan penyimpanan database yang disediakan oleh PostgreSQL hampir seluruhnya mencakup fitur-fitur database yang sering digunakan.

Memiliki Semua Fasilitas Standar dalam sebuah database. Dengan tersedianya berbagai macam fasilitas standar database yang sering digunakan dan diinginkan oleh pengguna yakni berupa view, sub-select, foreign key constraint, stored procedure dan trigger. Maka database ini akan dapat meningkatkan kemampuan PostgreSQL nya dalam menjalankan tugasnya sebagai database system terpercaya dan unggulan.

Memiliki Kemampuan Konektivitas yang baik dengan database lain. Kemampuan yang dimiliki database ini adalah mampu membuat koneksi dari PostgreSQL itu sendiri dengan database lainnya seperti pgdump, pgaccess, interbase dan berbagai macam database pada Linux. Dengan kemampuan konektivitas baik yang dimiliki oleh database PostgreSQL ini maka membuat pengguna semakin mudah dalam mengkoneksikan berbagai macam hal yang ada di dalam database.

Database PosgreSQL memiliki keunggulan dalam hal penyimpanan data spasial sehingga tidak dapat dipungkiri lagi bahwa database ini dapat digunakan dalam membuat situs yang dengan basis untuk pemetaan dan lain sebagainya misalnya Web GIS.

Keunggulan lainnya dari database ini adalah dapat menggunakan berbagai Jenis bahasa pemrograman. Diantara yaitu bahasa pemograman C++, PHP, Java, C, SQL dan lain sebagainya. Database PostgreSQL juga dapat menjadi alternatif terbaik untuk pemilihan sistem database tipe open source yang lain layaknya MySQL dan Firebird, terutama untuk system proprietary.

Penggunaan Database ini Stabil Dan Terpercaya. Database PostgreSQL jarang sekali dilaporkan mengalami crashed di saat melakukan berbagai macam operasi dengan tingkat aktivitas yang tergolong tinggi pada penggunaan di berbagai perusahaan. Database ini juga dapat diperluas dengan mudah dan tidak perlu mengeluarkan biaya sama sekali dan dapat digunakan hampir pada setiap jenis Unix dan juga termasuk di Windows.

Dari pemaparan diatas dapat disimpulkan bahwa Database PostgreSQL merupakan sebuah sistem basis data open source yang memiliki fungsi utama yaitu untuk menyimpan data dengan aman serta memungkinkan pengambilan data atas permintaan aplikasi dari software lainnya.  Untuk mempelajari dan memahami penggunaan Database PostgreSQL yang lebih lengkap, silahkan menghubungi nomor  0896-5331-2998, semoga bermfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *