era industri 4.0 itu tantangan atau ancaman

Tidak dapat dipungkiri bahwa saat ini zaman berkembang begitu cepat dan sangat terasa pada setiap sendi-sendi kehidupan. Kini perkembangan zaman telah berada pada sebuah era baru yang disebut industri 4.0. Lantas apa sebenarnya era industri 4.0 ini? Akankah era baru tersebut menjadi sebuah tantangan atau justru ancaman, khususnya bagi bangsa Indonesia? Berikut Faktanya!

Era Industri 4.0 Merupakah Era Teknologi Digital

Secara harfiah era industri 4.0 dapat dipahami sebagai bentuk perkembangan zaman dengan kemajuan teknologi digital. Perkembangan ini akan menghasilkan pola kehidupan baru yang cenderung kepada aspek teknologi digital, seperti robotic, digital economy, big data, dan sebagainya. Istilah-istilah semacam itu akan lebih sering ditemukan ketika kehidupan telah berada pada era ini.

Indonesia Memiliki Potensi Tinggi Mengahadapi Era Industri 4.0

Pada sebuah kesempatan, Kementerian terkait menjelaskan bahwa dalam menghadapi era industri tersebut, maka sesungguhnya Indonesia memiliki potensi tinggi. Walaupun pada kenyataanya Indonesia masih kalah level dari negara tetangga, namun dengan segala potensi yang dimiliki Indonesia masih bisa bersaing dan survive di era baru ini.

Industri 4.0 adalah Tantangan, Namun Juga Ancaman

Secara eksplisit penjelasan kementrian tersebut menegaskan bahwa industri 4.0 merupakan sebuah tantangan yang harus dijawab bagi bangsa ini. Sebab Indonesia memiliki potensi yang tinggi untuk menghadapi era industri tersebut. Namun di satu sisi hal ini juga akan menjadi ancaman apabila bangsa Indonesia lengah akan perubahan zaman tersebut. Maka dari itu penting bagi setiap unsur bangsa, terlebih generasi muda menyadari akan perkembangan ini. Mengapa demikian?

Generasi muda memiliki tanggung jawab atas nasib peradaban bangsa di masa mendatang. Industri 4.0 merupakan salah satu tantangan mereka untuk mengemban amanah dari bangsa tersebut. Oleh sebab itu sudah sepatutnyalah generasi muda mengembangkan segala potensi yang ada untuk mampu bersaing di era teknologi digital ini. Di samping itu, penting pula bagi bangsa ini untuk memikirkan strategi yang tepat agar mampu survive di era baru tersebut.

Era Industri 4.0 Itu Tantangan Atau Ancaman

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *