7 Pertimbangan Sebelum Memilih Jasa Pembuatan E-Learning Moodle

Jasa pembuatan e-learning moodlePerkembangan teknologi yang sangat cepat perlu diakui mempengaruhi semua bidang di dalam kehidupan, termasuk bidang pendidikan. Adanya kemajuan teknologi ternyata mampu menghadirkan pengalaman belajar dan mengajar yang lebih seru sekaligus menyenangkan. Yakni melalui berbagai kemudahan dalam mengakses materi pembelajaran lewat teknologi tersebut.

Berkenalan dengan Platform E-Learning Moodle

Teknologi yang berkembang di bidang pendidikan juga terus terjadi, dan salah satu teknologi terkininya adalah platform e-learning Moodle. Moodle sendiri memiliki kepanjangan Modular Object Oriented Dynamic yang ditemukan dan dikembangkan oleh Martin Dougiamas. Pada dasarnya platform ini ditujukan untuk memfasilitasi pembuatan sebuah kelas atau membuat pelatihan berbasis internet alias online.

Sifat dari Moodle sendiri adalah open source yang membuatnya bisa dikembangkan oleh siapa saja. Sehingga bisa dikembangkan oleh sekolah atau sebuah instansi pendidikan untuk menciptakan sebuah ruang kelas dan ruang pelatihan yang sesuai kebutuhan. Menggunakannya bisa membantu menerapkan sistem pembelajaran yang fleksibel, karena online namun tetap berkualitas.

Pertimbangan dalam Menggunakan Jasa Pembuatan E-Learning Moodle

Untuk bisa membuat sebuah kelas atau pelatihan dengan Moodle tentu perlu memahami dulu cara penggunaannya. Namun, jika dirasa terlalu ribet atau mungkin akan memakan waktu lama untuk mempelajari sampai bisa mengembangkannya sesuai kebutuhan. Maka bisa menggunakan jasa pembuatan e-learning Moodle yang kini banyak dijumpai.

Berhubung pilihan yang bisa ditemukan banyak, maka dalam memilih jasa pembuatan e-learning Moodle ini Anda perlu menimbang beberapa hal penting berikut:

1. Memilih Jasa Profesional

Pertimbangan pertama adalah berkaitan dengan profesionalitas dari jasa tersebut. Pastikan untuk memilih yang memang terbukti bekerja secara profesional, mulai dari pengalaman panjang sampai kualitas layanan apakah ramah dan informatif atau sebaliknya.

Demi kenyamanan Anda untuk mendapatkan e-learning Moodle berkualitas, pastikan mempercayakan pembuatannya pada jasa profesional. Supaya bisa selesai tepat waktu dan mendapatkan fitur-fitur terkini untuk kemudahan penyampaian materi secara online.

2. Mengecek Profil Perusahaannya

Profil perusahaan pembuat e-learning Moodle sebaiknya juga dipertimbangkan dan benar-benar dicek. Tentunya Anda tidak ingin mendapatkan Moodle yang kualitasnya buruk atau minim fitur. Selain itu Anda butuh jasa mereka dalam jangka panjang untuk keperluan maintenance atau pengembangan aplikasi e-learning yang dipesan.

Pastikan memilih jasa pembuatan e-learning berbasis Moodle yang kontaknya jelas dan memiliki penanggung jawab. Sehingga saat terjadi masalah maka bisa dilimpahkan ke siapa atau kemana. Anda pun bisa lebih tenang mempercayakan kebutuhan e-learning di perusahaan tersebut karena sudah mengenalnya lewat profil perusahaan.

3. Cek Dulu Portofolionya

Mendapatkan e-learning Moodle berkualitas dan kaya fitur juga perlu mengecek portofolio dari perusahaan yang akan menggarapnya. Hasil kerja mereka akan membuktikan apakah memang bisa disebut profesional, berpengalaman, atau malah masih terbilang amatir.

Semakin berumur jasa tersebut semakin banyak portofolio yang dimiliki, sehingga pengalamannya semakin kompleks. Tentunya akan menjadi pilihan ideal, namun bukan berarti jasa baru adalah pilihan buruk. Selama bisa menunjukan portofolio yang memuaskan, maka bisa menjalin kerjasama untuk pembuatan e-learning tadi.

4. Ada Tidaknya Garansi

Mempertimbangkan keamanan dan kenyamanan juga penting, maka tidak ada salahnya mencari jasa yang memang memberi garansi. Garansi ini bisa dalam bentuk layanan maintenance gratis selama setahun atau lebih. Beberapa jasa pembuatan e-learning juga memberi garansi uang kembali.

Apapun bentuk garansi yang diberikan pastikan memang cukup menguntungkan dan memberi perlindungan bagi Anda selaku konsumen. Sehingga tidak asal menerima e-learning Moodle namun juga mendapatkan jaminan bahwa produk buatannya bagus dan bisa diandalkan untuk jangka panjang.

5. Fitur yang Disediakan

Pembuatan e-learning Moodle dijamin ingin yang kaya fitur untuk kemudahan proses belajar dan mengajar secara online. Artinya semakin banyak fiturnya maka semakin baik untuk memberi sensasi belajar secara tatap muka padahal dilakukan tanpa tatap muka.

Jadi, tanyakan dulu fitur apa saja yang bisa dihadirkan di dalam e-learning yang digarap. Jika tersedia beberapa pilihan maka bisa mengambil yang memang dibutuhkan. Namun jika tidak ada fitur lebih kompleks, tidak ada salahnya menimbang penggunaan jasa lain yang lebih berani memberi fitur kompleks.

6. Memperhatikan Keamanan Data

Sistem yang dibuat untuk membangun e-learning berbasis Moodle ini sebaiknya juga memberi jaminan keamanan data. Apalagi jika nantinya dipublikasikan maka akan mendapatkan banyak pengguna dari berbagai sekolah dan instansi pendidikan. Maka banyak data pribadi seperti alamat email atau yang lainnya untuk dijaga keamanannya.

7. Ada Tidaknya Layanan Pelanggan

Ada kalanya aplikasi e-learning yang dimiliki mengalami error yang penyebabnya bisa dari banyak hal. Jika mendapati situasi seperti ini tentunya perlu menghubungi jasa yang sudah membuatnya dari nol. Maka penting untuk memastikan apakah jasa yang dipilih menyediakan layanan pelanggan 24 jam atau tidak.

Adanya layanan pelanggan akan membantu mendapatkan penanganan secara langsung saat terjadi masalah. Sehingga aplikasi e-learning tersebut tetap dapat diakses secara normal oleh para penggunanya.

Selain untuk mengajukan komplain, layanan ini juga bisa dimanfaatkan untuk bertanya mengenai penggunaan fitur tertentu. Sehingga bisa menggunakan aplikasi dengan baik serta dioptimalkan tanpa perlu mempelajarinya dalam kurun waktu tertentu.

Pembuatan e-learning Moodle memang langkah yang tepat, karena Moodle memberi fasilitas dan kemudahan lebih dalam membangun sebuah kelas online. Sehingga bisa menyajikan kelas berbasis online yang kaya fitur dan kaya akan materi sesuai kurikulum yang digunakan.

Mendapatkan e-learning Moodle berkualitas memang bisa dengan cara praktis memesannya di jasa profesional. Supaya hasil garapannya memuaskan maka Anda perlu menimbang beberapa hal penting di atas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *