Kenapa Harus Mengikuti Kursus Web Scraping? Ini Alasannya

Kursus Web ScrapingSebagaimana telah diketahui bahwa saat ini industri di bidang pembuatan dan pengembangan website begitu berkembang. Ada beragam hal  yang bisa dilakukan dengan website, sehingga membuat orang-orang berusaha menghasilkan website sendiri atau menggunakan jasa pembuatan website. Terkait dengan pengembangan website, maka terdapat satu ilmu yang menarik untuk dipelajari, yaitu Web Scraping. Apa itu web scraping? Mengapa harus mempelajarinya melalui kursus web scraping? Perhatikan penjelasan selengkapnya di bawah ini.

Mengenal Web Scraping dalam Dunia Pengembangan Website

Pada dasarnya setiap pembuatan website maka akan ada data nantinya yang berada di sana. Biasanya data yang ada pada website juga diperlukan untuk melakukan hal lain, misalnya analisis pasar, menawarkan produk terbaru, dan lain sebagainya. Salah satu cara untuk mendapatkan data dari website tersebut adalah menggunakan  web scraping.

Secara sederhana web scraping merupakan ilmu yang mempelajari proses pengekstrakan data dari suatu website. Contohnya adalah proses menyalin (mengcopy) data komentar konsumen yang ada pada website. Namun perlu diperhatikan web scraping bukan hanya sekedar copy data biasa saja, akan tetapi sebuah proses yang dapat menghimpun data dengan tepat, cepat, sehingga mengefisienkan waktu kerja.

Biasanya web scraping akan digunakan untuk menghimpun data dalam jumlah besar. Misalnya menghimpun data komentar konsumen website dengan jumlah yang banyak. Apabila data tersebut dihimpun dengan cara biasa (copy dan paste), maka sudah pasti akan memerlukan banyak waktu. Namun jika menggunakan web scraping, maka hal itu akan dapat dilakukan dengan lebih ringkas.

4 Teknik Web Scraping yang Umum Digunakan

Sebagai salah satu bentuk analisis data, maka web scraping memiliki tekniknya sendiri. Paling tidak ada 4 jenis teknik web scraping yang umum digunakan, yaitu sebagai berikut.

  1. Teknik Parsing DOM
    Parsing DOM merupakan sebuah teknik scraping yang akan menafsirkan konten web, struktur XML dan style web ke dalam Document Object Model (DOM). Teknik ini biasanya digunakan untuk mengetahui data yang menjelaskan cara  kerja dari website dengan cara menganalisis skrip berjalan pada web tersebut.
  2. Google Sheets

    Teknik google sheets sendiri termasuk salah satu teknik web scraping yang cukup familiar. Melalui Google Sheets user dapat memanfaatkan IMPORT XML untuk menjalankan web scraping. Selain dapat melakukan web scraping, cara ini pun juga dapat digunakan untuk menjaga keamanan web dari upaya scraping dari user lain.

  3. Teknik XPATH

    Teknik web scraping selanjutnya dikenal dengan nama teknik XPATH. Teknik ini biasanya digunakan untuk menganalisis data dalam bentuk dokumen XML. XPATH akan membaca struktur dari dokumen XML tersebut berdasarkan berbagai indikator yang telah ditentukan. Biasanya pula teknik ini juga digunakan secara bersamaan dengan teknik DOM.

  4. Parsing HTML

    Teknik keempat dalam dunia web scraping adalah parsing HTML. Umumnya pengaplikasian parsing HTML akan menggunakan javascript. Teknik ini pun cukup lazim digunakan oleh para user untuk melakukan web scraping. Tujuan dari penggunaan teknik ini sendiri adalah menganalisis data HTML web dan akan menghasilkan beberapa data ekstraksi seperti links dan text.

5 Alasan Mengapa Harus Kursus Web Scraping

Setelah mengenal sekilas tentang web scraping, maka berikutnya Anda harus tahu alasan pentingnya untuk mengikuti kursus web scraping tersebut. Apa saja alasanya? Berikut penjelasan selengkapnya.

  1. Ilmu yang Dibutuhkan dalam Dunia Kerja

    Alasan pertama mengapa harus kursus web scraping adalah ilmunya dibutuhkan dalam dunia kerja. Sebagaimana diketahui bahwa ilmu penghimpunan data ini diperlukan dalam dunia kerja, khususnya pada pembuatan website. Jika memang berencana untuk terjun dalam pembuatan web, maka penting untuk mempelajari ilmu web scraping ini.

  2. Jika Menguasai Web Scraping, Maka Akan Ada Nilai Plus

    Alasan kedua adalah jika memiliki pengetahuan tentang web scraping dan mampu mengoperasikannya, maka akan memiliki nilai plus tersendiri. Tentunya persaingan dalam dunia kerja akan begitu ketat, siapa yang memiliki kelebihan, maka dia akan menjadi pemenang dalam persaingan tersebut. Oleh karena itu, mereka yang memiliki skill di bidang web scraping akan mendapatkan keuntungan tersendiri dari kemampuannya itu.

  3. Proses Belajar yang Mudah dan Dibimbing Oleh Tutor Handal

    Alasan ketiga mengapa harus mengikuti kursus web scraping adalah proses belajarnya yang mudah dan dibimbing langsung oleh tutor handal. Tentunya setiap kursus akan menyediakan fasilitas yang lengkap bagi pesertanya. Demikian pula yang dilakukan di tempat kursus web scraping ini. Peserta akan dipastikan mendapatkan ilmu yang valid dan juga langsung mempraktekkannya, sehingga teori yang diterima akan lebih cepat dan mudah dipahami.

  4. Web Scraping Akan Menguntungkan Bagi Perusahaan

    Alasan selanjutnya adalah web scraping akan dapat memberikan keuntungan bagi perusahaan. Salah satu kelebihan dari web scraping ini adalah dapat menganalisa data dari kompetitor perusahaan. Melalui data itu nantinya perusahaan akan dapat mengambil keputusan yang tepat guna survive dan menang dalam persaingan produk di pasaran.

  5. Mengetahui Kualitas Produk dan Respon dari Konsumen

    Alasan kelima mengapa penting untuk mempelajari web scraping ini adalah dapat mengetahui kualitas produk yang ada di pasaran dan respon konsumen terhadap produk tersebut. Biasanya setiap produk yang dipasarkan melalui website akan mendapatkan tanggapan dari konsumennya. Web scraping akan menghimpun data itu untuk menjadi dasar bagi perusahaan dalam meningkatkan atau mempertahankan kualitas produk yang dimiliki.

Apabila diperhatikan secara seksama, maka web scraping ini memiliki keunikan tersendiri dan menarik untuk dipelajari. Jika memang memiliki minat untuk memperdalam tentang web scraping, maka Anda dapat menghubungi 0896-5331-2998. Jasa ini akan memastikan bahwa Anda mendapatkan tempat kursus web scraping yang tepat, sehingga benar-benar memperoleh ilmunya.

Info Kursus Web Scraping

Kursus Web Scraping yang kami gunakan saat ini adalah menggunakan bahasa pemrograman Python, jadi bagi yang mau belajar web scraping syaratnya adalah sudah bisa Python Fundamental/basic.

Durasi belajar kalau dengan Python Fundamental adalah 40 jam dengan rincian materi sebagai berikut :

  • Python Fundamental
  • Web Scraping

Untuk kelas Inhouse Training bisa di custom baik materi, durasi, atau request khusus misal pakai pemrograman Java. Info lebih lanjut Silahkan Call Us : 0896-5331-2998 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *