Mengenal Lebih Dekat Apa itu RESTful API

. Memahami apa itu RESTful APIHallo Sobat! Sudah Anda tahu tentang RESTful API? Belum? Yuk luangkan waktunya untuk memahaminya. Tenang, tidak perlu lama, cukup luangkan waktu Anda 10 menit saja untuk mempelajarinya. Lalu, apa sebenarnya RESTful API itu? Bagaimana mengoperasikannya? Apa kelebihannya?  Yuk luangkan waktu untuk Memahami apa itu RESTful API berikut ini.

Apa itu RESTful API?

Barangkali istilah RESTful API belum familiar Anda dengar, terlebih jika Anda tidak menggeluti bidang programming. Namun mengetahui apa itu RESTful API merupakan etikad baik untuk menambah wawasan Anda. RESTful API sebenarnya terdiri atas dua singkatan yaitu Representational State Transfer (REST) dan Application Protocol Interface (API).

REST sejatinya adalah standarisasi arsitektur yang berbasi website dan menggunakan suatu protoko HTTP untuk mengkomunikasikan datanya. Sementara API merupakan kumpulan dari protocol, tools, maupun subroutine definitios yang juga berguna dalam komunikasi data software. Jadi ringkasnya REST dan API ini berkaitan erat dengan pengolahan data dalam dunia programming. Masih ingin Memahami apa itu RESTful API? Yuk cek bagaimana tools ini bekerja.

Cara Kerja RESTful API dalam Dunia Pemprograman

Pada dasarnya memahami apa itu RESTful API dan bagaimana cara kerjanya tentu tidak semudah membalik telapak tangan, namun bukan berarti tidak mungkin untuk dilakukan. RESTful API ini bekerja dalam bahasa pemprograman yang tentunya harus Anda pahami terlebih dahulu.

Secara sederhana RESTful API bekerja dengan cara REST Client mengakses data yang disediakan oleh REST Server. Biasanya data yang ada pada REST Server akan dikelompokan berdasarkan Global ID/ Urls. Selain melibatkan REST Client dan REST Server, tools ini juga memerlukan komponen lain berupa HTTP Server dan HTTP Client. HTTP Server akan dibuat oleh REST Client dan dikirim ke REST Server untuk memperoleh data berdasarkan Global ID. Sementara HTTP Client merupakan umpan balik yang diberikan oleh REST Server atas permintaan dari REST Client.

3 Kelebihan RESTful API yang Haru Anda Ketahui

Sebagaimana dijelaskan di atas tadi bahwa RESTful API berkaitan dengan pengelolaan data, maka sudah tentu hal ini akan memberikan kemudahan bagi para programmer. Berikut ini beberapa kelebihan dari RESTful API yang dapat Anda ketahui.

  1. Mudah dalam Pengoperasiannya

    RESTful API ini diketahui lebih mudah dalam hal mengoperasikannya dibandingkan dengan tool serupa. Oleh sebab itu tidak jarang tools lebih banyak dilakukan oleh para pemula di bidang programming.

  2. Dapat Diaplikasikan pada Berbagai Bahasa Pemprograman

    Kelebih kedua dari RESTful API adalah dapat diaplikasi dengan berbagai bahasa pemprograman. Bahasa pemprograman sendiri dapat berupa format Text, XML, maupun JSON. RESTful API memiliki kelebihan untuk diaplikasi dalam berbagai format bahasa tersebut.

  3. Mudah untuk Dipelajari

    Ketiga, RESTful API ini dianggap lebih mudah untuk dipelajari. Walaupun demikian Memahami apa itu RESTful API membutuhkan perjuangan dan pengorbanan moril maupun materil, sehingga Anda benar-benar bisa memahaminya secara utuh. Bahkan bukan tidak mungkin Anda juga dapat menjadi salah satu ahlinya.

Memahami apa itu RESTful API tidak hanya cukup dengan mengkajinya secara teoritasnya saja, namun Anda juga memerlukan praktik langsung dengan dukungan yang maksimal. Memang banyak cara untuk mempelajari RESTful API ini, salah satunya yang dapat dilakukan adalah dengan menghubungi 0896-5331-2998 yang menyediakan layanan belajar atau kursus di bidang programming. Mereka akan membantumu untuk memahami RESTful API dengan baik, hingga mampu mengoperasikannya. Tidak hanya mendaptkan teorinya saja, Anda juga akan diberikan trik-trik khusus dalam mengoperasikan RESTful API tersebut. Yuk, segera hubungi contact tersebut sebelum kuota belajarnya habis.

Silahkan intip jadwal Kursus di sini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *