Memahami Konsep Dasar Object Oriented ProgrammingHallo Sobat! Sebagaimana Anda ketahui kini perkembangan teknologi dan informasi begitu pesat dirasakan. Perkembangan itu pun turut memberikan lapangan pekerjaan baru, khususnya dalam bidang programming. Apakah Anda tertarik untuk berkarier dalam bidang tersebut? Jika iya, yuk luangkan waktu Anda untuk Memahami Konsep Dasar Object Oriented Programming berikut.

Konsep-Konsep Dasar Object Oriented Programming (OPP)

Object Oriented Programming atau dikenal juga dengan istilah OPP merupakan salah satu metode dalam dunia programming. Ciri khas dari metode ini adalah orientasinya yang fokus pada objek. Metode dikembangkan dalam rangka membantu para programmer untuk membuat sesuatu yang mengikuti objek dalam kehidupan sehari-hari. Metode OPP ini memiliki beberapa konsep, yaitu sebagai berikut.

  1. Abstraction

    Secara sederhana abtraction dapat dipahami sebagai sudut pandang seorang programmer terhadap suat objek. Seorang programmer harus mengetahui bahwa suatu objek terdiri atas sub-sub objek yang saling berikatan/ saling berinteraksi satu sama lain. Hal inilah pula yang menjadi poni fundamental dalam Memahami Konsep Dasar Object Oriented Programming.

  2. Encapsulation

    Konsep kedua dari metode Object Oriented Programming ini adalah encapsulation atau pengapsulan. Encapsulation merupakan suatu konsep untuk memproteksi program yang telah dihasilkan agar tidak begitu mudah untuk diintervensi atau diakses oleh progam lainnya. Tujuan dari upaya ini adalah untuk menjaga keutuhan dari objek maupun program yang telah didesain sedemikian rupa.

  3. Inheritance

    Konsep ketiga dari OPP dikenal dengan istilah inheritance. Konsep ini bertujuan untuk memaksimalkan tools code reuse agar koda pada program yang telah dibuat tidak mudah diduplikasi. Biasanya konsep inheritance ini akan menurunkan sebuah kode dalam bahasa pemprograman. Sehingga pada akhirnya nantinya akan dikenal istilah Super Class/ Base Clase dan Sub Class/ Derived Class.

  4. Polymorphism

    Konsep dasar Object Oriented Programming yang juga harus Anda pahami adalah Poymorphism. Konsep iniĀ  merupakan kemampuan yang dimiliki objek yang dapat berubah menjadi beberapa bentuk. Ketika user menuliskan sebuah kode perintah, maka hal itu akan ditanggapi dengan berbagai respon oleh objek yang menerima kode tersebut. Misalnya saat anak kucing diberik kode untuk berlari, maka ia akan menggerakkan kakinya dan mulai berlari.</[p>

Langkah Mudah Memahami OPP

Setelah mengetahui beberapa konsep dasar tadi, apakah Anda tertarik untuk lebih Memahami Konsep Dasar Object Oriented Programming? Jika iya, maka ada dua langkah mudah yang dapat dilakukan.

  1. Belajar Secara Mandiri Melalui Buku atau Video Tutorial

    Langkah pertama yang dapat Anda lakukan untuk Memahami Konsep Dasar Object Oriented Programming adalah belajar secara mandiri dengan manfaatkan buku maupun vide tutorial. Dua langkah ini dapat dilakukan dengan mudah, sebab sumber belajarnya yang tersedia di mana-mana.

  2. Belajar di Tempat Kursus OPP

    Langkah kedua yang dapat dilakukan untuk Memahami Konsep Dasar Object Oriented Programming adalah dengan mengikuti program belajar di tempat Kursus OPP. Tidak hanya dapat memahami OPP dengan mudah, ditempat kursus ini Anda juga diberikan bekal trik untuk lihai dalam mengoperasikan metode Object Oriented Programming.

Memahami Konsep Dasar Object Oriented Programming pada hakikatnya dapat dilakukan di mana saja dengan memilih salah satu cara-cara di atas tadi. Namun jika bingung untuk mencari tempat belajar yang cocok untuk memahami konsep OPP ini, Anda dapat menghubungi 0896-5331-2998. Jasa ini akan membantu Anda Memahami Konsep Dasar Object Oriented Programming dengan baik. Pasalnya Anda akan mendapatkan bimbingan langsung dari tutor yang memang telah ahli di bidang programming ini. Tunggu apalagi, segera hubungi kontak tersebut, sebab kuota penerima peserta kursus sangat terbatas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *