6 Alasan Metode E-Learning Perlu Diterapkan untuk Pembelajaran Saat ini

Mengapa elearning dibutuhkan dalam pembelajaran saat iniBerkat teknologi e-learning maka kegiatan belajar pun menjadi lebih mudah sekaligus menyenangkan. Metode pembelajaran secara digital ini memudahkan pengajar dan yang diajar untuk belajar secara optimal tanpa harus bertatap muka secara langsung. Umumnya memanfaatkan platform untuk bisa terkoneksi secara online oleh beberapa user.

Alasan E-Learning Dibutuhkan untuk Pembelajaran Saat Ini

Meskipun metode e-learning sudah dikenal luas tentunya belum semua sekolah dan kampus menerapkannya. Metode konvensional masih tetap bertahan, namun tentu saja ada lebih banyak alasan mengapa metode e-learning lebih tepat untuk digunakan di masa seperti sekarang. Alasannya sendiri antara lain:

1. Membantu Menghemat Waktu

Lewat metode belajar secara digital alias e-learning maka membantu menghemat waktu selama proses belajar mengajar. Mengapa dikatakan demikian? Sebab dengan metode digital seorang pengajar bisa langsung menyampaikan materi. Jika membutuhkan peraga bisa langsung mencari peraga yang sesuai di internet.

Bandingkan dengan metode belajar konvensional, pada saat pengajar memerlukan materi tambahan butuh waktu beberapa hari untuk kemudian disampaikan ke depan kelas. Kondisi ini tentu boros waktu, padahal jika bisa dihemat maka lebih banyak materi bisa diajarkan ke murid sehingga ilmu yang dibagikan lebih banyak dan kompleks.

Tidak ada ruginya menerapkan metode e-learning ini, karena memang sangat efisien dari segi waktu. Selain waktu selama presentasi di dalam kelas juga menghemat waktu perjalanan. Sebab metode digital ini bisa dilakukan di rumah yang praktis tidak ada waktu yang dibuang untuk perjalanan dari rumah ke tempat belajar.

2. Solusi Menghemat Biaya

Alasan berikutnya mengapa metode e-learning ini sangat tepat untuk diterapkan di lingkungan edukasi zaman sekarang adalah efisiensi biaya yang dihasilkan. Perlu diakui bahwa dengan metode e-learning ada banyak penghematan anggaran bisa dilakukan.

Pertama, menghemat biaya transportasi ataupun uang bensin karena tidak perlu datang ke sekolah untuk proses belajar mengajar. Kedua, pihak sekolah atau kampus tidak perlu menyediakan fasilitas presentasi di depan kelas. Baik itu papan tulis, spidol, penghapus papan tulis, sampai proyektor.

Semua dipresentasikan secara online menggunakan smartphone, tablet, maupun komputer. Sehingga tidak memerlukan banyak alat peraga atau alat untuk proses presentasi tadi. Selain itu juga menghemat biaya untuk akses materi, karena para siswa bisa mengunduh materi kapan saja dan dari sumber mana saja yang terpercaya yang memang rata-rata gratis.

3. Mengoptimalkan Penyerapan Materi

Sebuah studi tentang memori yang dilakukan oleh Hermann Ebbinghaus diketahui bahwa memori otak manusia hanya menyerap 10% dari apa yang dipelajarinya. Sedangkan 90% sisanya terlupakan begitu saja, sehingga pembelajaran secara konvensional bisa dikatakan kurang efektif.

Sebab apa yang dipelajari akan lebih banyak dilupakan dibandingkan dengan yang berhasil diingat. Lain halnya dengan metode e-learning yang membuat seseorang lebih menikmati proses belajar mengajar karena dilakukan di tempat yang dirasa nyaman. Selain itu materi bisa diakses kapan saja, sehingga bisa merefresh kembali memori otak terkait materi tersebut.

4. Lebih Ramah Lingkungan

Metode pembelajaran e-learning ternyata juga terbukti lebih ramah lingkungan dibandingkan dengan metode konvensional. Misalnya saja menghapus atau mungkin mengurangi dari pemakaian kertas selama proses belajar mengajar. Sehingga kegiatan ini membantu setiap sekolah yang menerapkannya untuk mengurangi emisi karbon dioksida.

Emisi karbon dioksida ini bisa terbentuk dari pemakaian kertas selama belajar dan mengajar. Ketika dilakukan pembelajaran secara digital, secara praktis kebutuhan kertas menurun bahkan menjadi nihil. Tidak keliru rasanya jika metode e-learning ini dikatakan sebagai metode edukasi yang ramah lingkungan.

5. Menawarkan Sistem Belajar yang Fleksibel

Pada saat dosen atau guru mempresentasikan materi memang semua murid dan mahasiswa wajib online di waktu yang telah ditentukan. Namun untuk proses pembelajaran lebih lanjut, mengerjakan tugas, dan lain sebagainya cenderung lebih fleksibel. Yakni bisa mulai dikerjakan siswa yang bersangkutan di waktu luang yang dimiliki.

Sehingga bisa disimpulkan bahwa metode e-learning ini memang fleksibel, sehingga baik pengajar maupun yang diajar lebih menikmati proses belajar. Sebab bisa memilih waktu produktif yang memang benar-benar kondusif, sehingga kualitas presentasi materi dan kualitas pengerjaan tugas lebih optimal.

6. Sesuai dengan Era Digital Seperti Sekarang

Zaman sekarang memang apapun terkait kehidupan dan aktivitas manusia melibatkan teknologi digital. Sebagian besar kegiatan manusia pun sudah berubah secara digital, dan tidak tertutup kemungkinan kedepannya murni digital. Sebagai contoh sederhana adalah metode pembayaran transaksi.

Dulunya untuk membayar sebuah transaksi seseorang perlu bertatap muka langsung dan menyerahkan fisik uang. Perlahan pembayaran tunai tergantikan oleh layanan non-tunai yang disediakan oleh perusahaan perbankan. Sekarang, proses pembayaran sudah semakin digital yakni lewat aplikasi e-wallet yang dikenal praktis, mudah, dan biaya admin yang super murah.

Sehingga dengan menerapkan e-learning dari sekarang, sama artinya Anda sudah mempersiapkan diri mengikuti perkembangan zaman. Sebab tidak tertutup kemungkinan jika metode pembelajaran konvensional ditinggalkan secara massal di Indonesia dan dunia. Jika sejak awal sudah terbiasa maka dijamin tidak gagap dan mampu mencetak generasi cerdas dan berprestasi.

Membaca uraian di atas tentu dapat diketahui bahwa dengan menerapkan metode e-learning akan mendapatkan lebih banyak manfaat atau keuntungan. Meski di masa awal penerapannya rentan eror seperti salah memilih platform atau mungkin gagap dalam mengerjakan tugas dari pengajar.

Namun secara perlahan semua kekurangan ini akan berkurang dan kemudian hilang sama sekali. Sehingga tidak akan rugi sudah mencoba metode e-learning dari sekarang karena dijamin akan menjadi metode pembelajaran yang menggeser metode konvensional.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *