Mengenal Apa Itu Blended Learning Dan KeuntungannyaMengenal Apa Itu Blended Learning Dan Keuntungannya – Belajar dengan menggunakan internet atau yang biasa disebut e-learning memang semakin diminati saat ini. Kehadiran e-learning membantu semua orang yang ingin belajar tanpa harus dibatasi oleh waktu dan tempat. Tapi e-learning sendiri bagi sebagian pelajar masih tetap membutuhkan pertemuan secara langsung di kelas guna membahas pelajaran yang sudah didapatkan dan melengkapi proses yang dilalui lewat internet. Hal itulah yang disebut dengan blended learning. Jadi, pengertian dari blended learning sendiri merupakan metode pembelajaran dimana proses belajar yang dilakukan secara langsung dipadukan dengan proses e-learning.

Baik belajar dalam kelas maupun e-learning tentu memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Hal itu mendasari terbentuknya metode belajar yang baru yakni metode blended learning. Contohnya, belajar di kelas memiliki kekurangan misalnya tempat dan waktu yang terbatas. Tapi kelebihan yang dimiliki oleh belajar secara langsung ini adalah para pelajar bisa langsung mendapatkan feedback dari guru yang mengajar jika ada pertanyaan ataupun pelajaran yang belum dimengerti. 

Begitu juga dengan belajar menggunakan internet. Meski metode belajar ini tidak terbatas pada tempat dan waktu, tapi tidak ada guru yang akan mendampingi sehingga para peserta tidak bisa mendapatkan feedback langsung dari guru sehingga seringkali salah pengertian dari pelajaran yang didapatkan. 

Dengan kelebihan dan kelemahan yang dimiliki pada masing-masing metode, maka dari itu metode pembelajaran paling tepat adalah dengan blended learning. Ada banyak keuntungan yang dimiliki oleh metode ini yang tentunya membuat para peserta didik bisa mendapatkan pembelajaran secara optimal.

Keuntungan Belajar dengan Metode Blended Learning

Metode blended learning hadir untuk melengkapi kekurangan yang ada pada metode belajar di kelas dan e-learning. Berikut ini beberapa keuntungan belajar dengan menggunakan metode e-learning.

  1. Lebih Fleksible

    Menggunakan metode blended learning tentu akan membuat para pelajar tidak harus datang setiap hari ke sekolah. Karena belajar bisa dilakukan dengan menggunakan internet. Kemudian satu atau dua hari dalam satu minggu para pelajar harus pergi ke sekolah dan mendapatkan feedback atas semua yang sudah dipelajari lewat internet.

  2. Lebih hemat waktu dan biaya

    Dengan metode blended learning ini juga tentunya akan lebih menghemat waktu dan biaya. Para pelajar bisa belajar lewat internet sehingga tidak memerlukan buku fisik karena materi sudah bisa didapatkan secara online jadi peserta cukup mengunduhnya saja. Para pelajar juga dapat lebih menghemat waktu karena tidak harus pergi ke kampus untuk mendapatkan pelajaran. Jadi dengan duduk di rumah saja peserta sudah bisa mendapatkan pembelajaran lewat internet.

  3. Materi lebih interaktif

    Materi pelajaran yang didapatkan di internet dibuat menjadi media yang interaktif supaya pembahasan lebih detail dan menarik perhatian dari para peserta. Media belajar dapat digunakan oleh para peserta sesuai cara belajarnya masing-masing.  Misalnya diberikan materi lewat video interaktif, podcast dan lain-lain.

  4. Lebih efektif dan efisien

    Setiap pelajar pasti punya cara belajar yang berbeda-beda. Ada peserta yang lebih nyaman jika belajar di pagi hari, ada juga peserta yang lebih nyaman belajar di sore hari atau bahkan di malam hari. Dengan blended learning ini para peserta bisa mengatur waktu sendiri kapan akan belajar sehingga hasilnya pun jauh lebih efektif dan efisien.

Dengan hadirnya metode blended learning ini diharapkan para peserta dapat mengerti pembelajaran yang diberikan dengan lebih optimal. Dengan metode ini juga pembelajaran terasa jauh lebih menyenangkan. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *