Mengenal Artificial Intelligence atau Ai dan 4 Efek Positifnya

Mengenal Artificial IntelligenceMemahami atau mengenal Artificial Intelligence lebih dalam tentu penting untuk menghindari kesalah pahaman. Selama ini istilah artificial intelligence atau kecerdasan buatan dipahami secara keliru oleh masyarakat dunia. Pasalnya banyak yang beranggapan kehadiran teknologi ini akan menciptakan angka pengangguran yang tinggi. Padahal teknologi ini diciptakan secara serius dan kemudian menjadi sumber ketakutan.

Mengenal Efek Positif dari Artificial Intelligence

Istilah artificial intelligence sering disingkat sebagai AI, yang tentunya menjadi perbincangan hangat. Teknologi ini erat kaitannya dengan robot maupun mesin canggih yang nantinya ditempatkan di berbagai lini kehidupan. Beberapa didesain untuk kebutuhan rumahan, dan sebagian besar lainnya untuk keperluan industri skala besar.

Adanya AI sudah tentu membuat banyak perusahaan melakukan pengurangan tenaga kerja, karena sebagian besar pekerjaan ditangani sistem. Namun, mencoba mengenal Artificial Intelligence justru akan mengenal banyak efek positif, diantaranya adalah:

  1. Pemberi solusi untuk masalah kompleks

    Permasalahan dalam perusahaan maupun rumah tangga bisa jadi sangat kompleks. Menyelesaikannya bisa mengundang tenaga ahli dan waktu lama. Maka kehadiran AI memangkas kebutuhan tersebut karena bekerja dengan kecerdasan tinggi.

  2. Tetap membutuhkan operator

    Banyak orang menganggap kehadiran AI akan menciptakan pengangguran skala besar. padahal AI ini tidak bisa beroperasi atau berjalan dengan sendirinya. Tetap membutuhkan operator dan tentu menyerap tenaga kerja. Jumlah operator bisa lebih banyak dari perangkat AI yang disediakan perusahaan.

  3. Meningkatkan produktifitas

    AI tidak hanya membantu menyelesaikan masalah kompleks namun juga memberi progres maksimal. Teknologi ini bisa membantu meningkatkan produktifitas karena memang tidak perlu mengobrol, istirahat, ataupun makan. Sehingga jam kerja lebih stabil dan produksi pun meningkat.

  4. Efisiensi waktu kerja

    Dalam bekerja sudah tentu berpacu dengan waktu, kadang kala muncul lembur atau over time. Tak hanya merugikan perusahaan untuk menggelontorkan bayaran lembur namun juga memicu kelelahan pada karyawan. Adanya teknologi AI membantu memangkas jam lembur karena bisa bekerja secara efisien.

Teknologi yang semakin canggih memperkenalkan AI yang memang semakin kesini semakin kontroversial. Padahal jika mau mengenal Artificial Intelligence ini lebih dalam akan dijumpai  banyak manfaat. Maka jangan sampai salah persepsi dalam menyikapi kehadirannya.

Demikian sekilas artikel tentang Artificial Intelligence atau Ai semoga bermanfaat dan bisa mencerahkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *