Mengenal dan Memahami Pemrograman Berorientasi ObjekMengenal dan Memahami Pemrograman Berorientasi Objek – Buat Anda yang sekarang ini tengah belajar pemrograman, maka Anda juga harus tahu metode-metode apa saja yang digunakan di dalam dunia pemrograman. Ada dua metode yang ada pada pemrograman yakni metode pemrograman terstruktur dan ada juga yang berorientasi pada objek.

Pengertian Pemrograman Berorientasi Objek

Pemrograman berorientasi objek adalah metode yang berorientasi pada objek. Jadi semua data atau fungsi akan didefinisikan pada beberapa objek yang tujuannya adalah untuk memecahkan masalah yang ada. Metode ini juga biasa dikenal dengan nama OOP atau Objek Oriented Programming dimana dengan metode ini dapat memberikan fleksibilitas lebih banyak, melakukan perubahan program dengan cara yang mudah dan juga pemrograman ini sangat cocok digunakan untuk yang skalanya besar.

Kelebihan Pemrograman Berorientasi Objek

Pemrograman berorientasi objek memiliki beberapa kelebihan yang bisa didapatkan diantaranya sebagai berikut:

  1. Sistem pemrograman bisa diubah tanpa harus melibatkan banyak model jadi hanya objek saja yang nantinya terlibat di dalamnya. Sistem program ini juga dikembangkan hingga skala yang paling kompleks.
  2. Pada pemrograman ini terdapat bagian yang mudah di maintenance misalnya jika ada perubahan baik dalam skala besar maupun kecil.
  3. Metode ini juga sudah didukung banyak objek jadi lebih mempercepat penyelesaian program serta proyek-proyek selanjutnya.
  4. Terdapat lower cost dimana pemrograman ini dapat mengurangi biaya pada pengembangan pembuatan program.
  5. Akan ada lebih banyak waktu serta sumber daya yang digunakan untuk memverifikasi software.

Kelemahan Pemrograman Berorientasi Objek

Setiap metode pastinya punya kelebihan dan kelemahan. Pada Pemrograman berorientasi Objek disini terdapat beberapa kelemahan yakni:

1. Butuh waktu agar para programmer dapat terbiasa dengan OOP.
2. Program yang dibuat memiliki ukuran cukup besar.
3. Runtime pada program berjalan lebih lambat.
4. Tidak semua masalah dapat diselesaikan dengan menggunakan OOP.

Pemisalan Objek

Setelah mengetahui kelebihan dan kelemahan yang ada pada pemrograman berorientasi objek, untuk mengenalnya lebih dalam kini bisa dilakukan pemisahan objek. Dalam dunia nyata, objek-objek memiliki dua karakter yakni status dan juga perilaku. Untuk contohnya bisa diambil dari sepeda yang memiliki status yakni pedal, gir dan juga ban. Sementara untuk perilakunya adalah mengerem, mengubah atau mempercepat.

Sedangkan pada pemrograman OOP ini ada dua karakteristik yang perlu diketahui yakni variabel dan method. Pada variabel dimisalkan jadi status dan method sebagai perilaku.

Karakteristik Metode Pemrograman Berorientasi Objek

Ada beberapa karakteristik yang dimiliki oleh metode pemrograman berorientasi objek. Pertama adalah enkapsulasi atau pembungkusan. Karakteristik ini maksudnya adalah melindungi program dan data yang tengah diolah saat ini. enkapsulasi merupakan perilaku yang melindungi program maupun data supaya tidak diakses dengan sembarangan oleh orang lain. Selain itu ada inheritansi dimana objek di sekitar kita saling terhubung dengan cara yang hirarki. Misalnya, lingkaran dengan bujur sangkar yang merupakan turunan dari 2D dan 2D merupakan turunan dari gambar.

Istilah-Istilah yang ada Pada Pemrograman Berorientasi Objek

Ada beberapa istilah yang perlu diketahui dari pemrograman berorientasi objek yakni:

  1. Class: Cetakan objek yang berisikan kode-kode dimana class ini akan menjelaskan bagaimana objek dapat berperilaku dan berinteraksi.
  2. Property: Variable yang dijabarkan pada class tapi tidak ada di fungsi atau method dari class.
  3. Method: Fungsi di dalam kelas dimana metode bisa diakses oleh tiga jenis user dan modifier.

Jika Anda ingin mengenal dan memahami pemrograman berorientasi objek lebih dalam, ada banyak buku atau artikel yang bisa Anda baca. Selain itu, Anda juga bisa mengenal lebih banyak istilah-istilah yang ada pada pemrograman selain dari beberapa istilah yang sudah disebutkan di atas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *