Berkenalan Lebih Dalam dengan Google Analytic 

Mengenal Google Analytic

Mengenal Google Analytic – Bagi Anda yang sedang sibuk merintis bisnis online tentu akan tertarik sekaligus tertantang menaklukan jaringan internet untuk bisa sukses. Bisnis online yang sukses tidak terlepas dari pemanfaatan internet secara tepat. Terdapat sejumlah tools atau alat bantu yang bisa dan perlu digunakan untuk menunjang masa depan bisnis online. Salah satunya adalah Google Analytic, berikut penjelasan detailnya dalam artikel Mengenal Google Analytic

Bahasan :

Apa itu Google Analytic

Tipe Laporan yang Ditampilkan Google Analytic

 

Apa Itu Google Analytic? 

Bagi beberapa orang tools bertajuk Google Analytic masih terdengar asing, apalagi jika baru terjun beberapa hari di dunia dalam jaringan. Jadi, Google Analytic sendiri merupakan sebuah layanan gratis yang disediakan oleh Google untuk membantu mengetahui statistik pengunjung sebuah website. 

Google Analytic memiliki kemampuan untuk menghitung jumlah pengunjung sebuah website dalam periode tertentu, atau di hari itu juga. Sumber perhitungannya kompleks bisa dari halaman pengacu, layanan iklan dari Google, hasil mesin pencari, iklan, email marketing, pay per click, dan juga dari tautan yang di dalamnya terdapat dokumen dalam format PDF. 

Google Analytic juga bisa ditautkan dengan layanan iklan berbayar dari Google, yakni Google Adwords alias Google Ads. Sehingga pengusaha yang menggunakan Google Ads bisa tahu seberapa efektif iklan yang dijalankan terhadap website perusahaan. Namun tergantung dari target yang diinginkan, apakah dari omset penjualan atau dari kenaikan jumlah traffic

Menggunakan layanan analitik gratis dari Google ini juga sangat menguntungkan, karena memberi manfaat sebagai berikut: 

  • Membantu kegiatan pelaporan terhadap aktivitas pemasaran secara online. 
  • Menjadi media untuk membantu mengenal karakter dari konsumen atau pelanggan dengan mengandalkan data yang dirangkum oleh Google Analytic. 
  • Media untuk mencari dan mendapatkan wawasan baru di dalam bisnis dan dijamin menggunakan data yang aktual. 

Tipe Laporan yang Ditampilkan Google Analytic 

Laporan dari berbagai informasi terkait analitik website maupun iklan yang dimiliki oleh Google Analytic dihadirkan dalam beberapa bentuk. Diantaranya adalah: 

  1. Real Time 

Jenis laporan pertama yang ditampilkan oleh Google Analytic adalah laporan Real Time. Sesuai dengan namanya laporan ini sifatnya berisi data saat itu juga, biasanya laporan dalam jangka 30 menit terakhir. Isi laporannya pun hanya beberapa hal penting. Misalnya asal pengunjung, halaman yang dituju, pelacakan tombol, dan konversi. 

  1. Audience atau Pengunjung 

Jenis laporan berikutnya adalah laporan Audience Report atau laporan terkait pengunjung. Biasanya laporan ini bisa mendefinisikan pengunjung yang masuk ke website secara detail. Misalnya informasi mengenai kota pengunjung, umur, perangkat yang digunakan mulai tipe sampai merek, gaya hidup, dan juga minat. 

  1. Akuisisi Pengunjung 

Akuisisi pengunjung atau Acquisition Report bisa dikatakan sebagai jenis laporan yang banyak dituju oleh pengguna Google Analytic. Sebab laporan yang disajikan akan menampilkan bagaimana pengunjung bisa masuk ke website. Sehingga bisa diketahui beberapa hal: 

  • Kegiatan promosi online mana yang efektif? (Google Ads, facebook, Influencer, atau yang lainnya). 
  • Berapa lama pengunjung mampir ke salah satu halaman website. 
  • Mengecek media atau platform mana yang sebaiknya dioptimalkan dan yang perlu dihentikan penggunaannya. 
  1. Perilaku Pengunjung (Behavior) 

Laporan berikutnya adalah Perilaku Pengunjung atau Behavior Report, dan berisi detail informasi mengenai karakter pengunjung. Misalnya konten apa saja yang diminati, berapa lama kunjungan dilakukan, halaman mana yang banyak diakses, dan lain-lain. 

  1. Laporan Konversi 

Laporan berikutnya adalah Laporan Konversi yang membantu melacak apakah karakter pengunjung sudah sesuai dengan target pasar yang disasar. Misalnya untuk melacak jumlah pengguna yang menghubungi kontak, melakukan pembelanjaan (misal memasukan barang ke keranjang belanja), omset penjualan, dan sebagainya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *