Apa Itu MariaDB? Yuk Kenali Lebih Dekat

Mengenal MariaDBMengenal MariaDB – MariaDB, barangkali istilah ini belum terlalu familiar di telinga Anda. Secara harfiah MariaDB merupakan bentuk DBMS(Database Management System) yang diyakini lebih kompatibel dari MySQL. Berdasarkan catatannya, MariaDB dikembangkan pada tahun 2009, setelah adanya upaya dari Oracle Corp untuk mengambil alih MySQL. Jika Anda memang memiliki ketertarikan pada dunia data dan pemrograman, maka ada baiknya mempelajari tentang MariaDB. Tertarik? Mari simak penjelasan lengkapnya di bawah ini. 

Fungsi MariaDB dan Perbedaannya dari MySQL

Sebagaimana telah disampaikan di awal tadi bahwa MariaDB merupakan salah satu bentuk program database yang memang digadang-gadang lebih baik dari MySQL. Sebagai program database, MariaDB memiliki beberapa fungsi, yaitu sebagai berikut. 

  1. Mampu Beroperasi dalam Sistem Besar dan Cepat

    Fungsi pertama dari MariaDB adalah mampu beroperasi dalam sistem yang besar. Layaknya database maka sudah pasti akan memiliki banyak data yang harus diolah. Namun tidak semua program maupun aplikasi yang dapat melakukannya, kecuali MariaDB. Program database satu ini dapat beroperasi dalam jutaan baris maupun kolom, serta mampu menganalisis dalam hitungan detik. 

  2. Membantu User Menyimpan Data dengan Mudah

    Kedua, MariaDb juga memiliki andil dalam penyimpanan data. Aplikasi ini diketahui dapat memungkinkan user melakukan penyimpanan kolom. Jika memang user memiliki data yang belum diolah dan ingin dikerjakan next time, maka MariaDB menyediakan fitur penyimpanan. Hebatnya fitur ini dapat digunakan dengan mudah dan tidak berbelit-belit. 

  3. MariaDB Memungkinkan Impor Data Secara Langsung

    Perkara impor data barangkali menjadi suatu hal yang penting untuk dipertimbangkan, sebab itu berkaitan dengan pengolahan data tersebut. Tidak jarang ketika ingin melakukan import data maka memerlukan bantuan aplikasi lain. Namun ketika menggunakan MariaDB, user hanya cukup memanfaatkan fitur import data. Aplikasi ini telah dapat digunakan untuk impor data berupa Java, Spark, maupun Python.

Nah itu tadi adalah beberapa fungsi dari MariaDB yang dapat diketahui. Tentunya aplikasi ini sangat berperan penting dalam pengelolaan database. Sifatnya yang mampu berjalan dalam ruang data besar, memungkin user lebih mudah dalam mengolah database mereka. Lalu apa bedanya dengan MySQL?

Sebagaimana dikatakan di awal tadi bahwa MariaDB ini lebih unggul dibandingkan dengan MySQL. Jika demikian, sudah pasti terdapat perbedaan di antara keduanya. Berikut ini beberapa perbedaan yang dimaksud. 

  1. Peran Komunitas

    Aspek perbedaan pertama dapat dilihat dari sisi peran komunitas. Umumnya setiap aplikasi memiliki komunitas tertentu yang dapat membantu meningkatkan kualitasnya. Hal ini pun terjadi dengan MySQL dan MariaDB. Namun diketahui MariaDB lebih banyak menerima peran dari komunitas berupa kontribusi positif, seperti perbaikan Bug dan lain-lain.

  2. Perizinan

    Perbedaan kedua dapat ditinjau dari sisi perizinan. Terkait dengan hal ini, MariaDB diketahui hanya mampu beroperasi dalam sistem GPL. Sementara itu MySQL memiliki ruang yang lebih luas, sebab dapat bekerja dalam sistem GPL dan juga mampu berjalan secara non-GPL. 

  3. Support Layanan

    Setiap aplikasi tentunya memiliki support layanan dalam rangka memaksimal operasinya. Baik MySQL maupun MariaDB memiliki support layanan tersendiri. MySQL diketahui memiliki support layanan dalam bentuk pelatihan, teknis, konsultasi, hingga sertifikasi. Sementara itu MariaDB punya layanannya tersendiri yang disediakan oleh Oracle Corp sebagai pengembangnya. 

Demikianlah beberapa informasi seputar MariaDB dalam artikel Mengenal MariaDB yang dapat dibagikan kali ini. Bagi Anda yang memang berencana ingin memperdalamnya, maka silahkan hubungi kami di 089653312998. Kami akan membantu Anda untuk dapat memahami dan mengoperasikan MariaDB sesuai dengan standar yang berlaku. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *