Mengenal Pengertian Artikel dan Jurnal Serta Perbedaannya

Mengenal pengertian artikel dan jurnalMengenal Pengertian Artikel dan Jurnal  – Banyak orang beranggapan jika artikel dan jurnal adalah dua hal sama. Padahal, keduanya jelas berbeda. Sebelum dapat mengenali perbedaan diantara keduanya yang akan dibahas dalam artikel kali ini yang berjudul “Mengenal Pengertian Artikel dan Jurnal“, Anda perlu tau dulu pengertian dari masing-masing. 

Mengenal Pengertian Artikel 

Anda mungkin sering mendengar yang namanya artikel. Artikel merupakan karya tulis yang akan dimuat di dalam suatu jurnal. Artikel yang ditulis harus mengikuti pedoman tata cara penulisan ilmiah yang sudah disepakati dan ditetapkan.

Artikel biasanya dibuat dari hasil penelitian yang dilakukan di lapangan, hasil pemikiran, kajian pustaka dan bisa juga dari hasil pengembangan sebuah proyek. Artikel dapat dibedakan menjadi dua jika dilihat dari sistematika penulisan dan isinya yakni hasil penelitian dan artikel non penelitian.

Ciri-Ciri Artikel Penelitian

Dari pengertian artikel di atas dapat ditarik kesimpulan jika artikel penelitian memiliki ciri-ciri seperti berikut ini:

  1. Artikel penelitian berisi tentang hal-hal yang penting seperti hasil temuan penelitian, ataupun pembahasan dari hasil temuan penelitian dan ditarik kesimpulannya.
  2. Artikel penelitian juga ditulis dengan susunan sistematika penulisan yang benar jadi ada bagian atas dan sub bagiannya.

Dalam membuat artikel penelitian juga ada prosedur yang penting untuk diketahui seperti artikel hendaknya ditulis sebelum membuat laporan teknik dan tujuan. Hal ini perlu untuk mendapatkan masukan dari artikel yang dibuat. Kemudian artikel penelitian juga harus dibuat setelah laporan teknis. Dan artikel jurnal merupakan tulisan yang dibuat dalam penelitian swadana jadi sistem penulisannya tidak menggunakan sistem abjad ataupun angka. 

Artikel penelitian merupakan sebuah karya tulis ilmiah. Jadi pada artikel ini harus ditulis dengan mengikuti sistematika yang berlaku. Susunan penulisan artikel penelitian adalah mulai dari judul, nama penulisnya, sponsor, abstrak, kata kunci, membuat pendahuluan, metode, memasukkan hasil dan pembahasan, kesimpulan dan saran dan di halaman akhir adalah daftar pustaka atau daftar rujukan.

Ciri-Ciri Artikel Non Penelitian

 Selain artikel penelitian, ada juga artikel non penelitian dimana artikel ini mengacu ke semua jenis artikel yang tidak dimasukkan ke dalam laporan hasil penelitian. Pada artikel ini ketentuan penulisannya tidak terlalu jauh dengan saat Anda menulis makalah pendek karena panjangnya sendiri tidak boleh melebihi 20 halaman. Tapi bedanya, di makalah tidak ada abstrak dan kata kunci yang perlu dimuat di dalamnya. 

Dan sistematika penulisan dari artikel non penelitian ini tidak menggunakan penomoran abjad dan angka. Artikel ini juga isinya hanya yang sifatnya esensial saja. Pada artikel ini harus dimuat sejumlah unsur seperti judul, nama penulis dan lain-lain.

Pengertian Jurnal

Jika sudah paham dengan artikel, maka Anda perlu paham dengan yang namanya jurnal. Buat Anda yang bekerja di bidang akademik atau dunia ilmiah tentunya sudah tidak asing dengan yang namanya jurnal. Jurnal sendiri adalah publikasi yang dilakukan secara periodik dimana isinya adalah sejumlah artikel yang diterbitkan pada interval waktu tertentu.

Biasanya jurnal diterbitkan di tiap bulannya atau pada beberapa kasus akan diterbitkan setiap tahun. Ada beberapa jenis jurnal yang akan diproduksi dan dipublikasikan ke dalam dunia jurnal seperti professional or trade journals dimana jurnal ini ditargetkan pada sebuah profesi atau industri tertentu dan isi dari jurnal ini adalah berita terkini, pendapat atau saran pada produk baru. Ada juga popular journals dimana biasanya jurnal ini berisikan tentang cerita fitur, bisa juga pendapat atau potongan yang dapat menginformasikan sekaligus menghibur pembacanya. Dan terakhir ada scholarly journals dimana jurnal ini juga dikenal sebagai jurnal wasit. Isi dari jurnal ini adalah artikel yang diterbitkan dalam interval waktu tertentu. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *