Peran Penting Cyber Security di Era Revolusi Bisnis 4.0 

Pentingnya Cyber Security Era Revolusi Industri 4.0Pentingnya Cyber Security Era Revolusi Industri 4.0 – Perkembangan revolusi di era industri 4.0 memberikan kemudahan bagi pelaku bisnis online untuk mengelola bisnisnya. Hanya saja perkembangan ini juga membuat keamanan data dari bisnis rawan dicuri, belum lagi dengan bentuk cyber crime lain. Tentunya akan meningkatkan kerugian dan menurunkan keamanan data dari sebuah perusahaan. Maka setiap bisnis online sangat penting untuk membangun cyber security

Bentuk Kejahatan Cyber di Era Industri 4.0 

Sebelum membangun sistem keamanan atau cyber security, sangat penting untuk mengetahui apa saja bentuk dari cyber crime. Sehingga bisa membangun cyber security yang memang memberi perlindungan maksimal. Bentuk cyber crime ini sendiri antara lain: 

  • Denial of Service atau DDoS, yakni kejahatan online yang menyerang pada jaringan sehingga kinerja website maupun aplikasi menjadi sangat lambat. 
  • Scareware, merupakan teknik keamanan palsu yang akan menjebak pengguna awam sehingga diarahkan pelaku untuk melakukan hal-hal yang merugikan pengguna awam tersebut. 
  • Botnets, memiliki kepanjangan robot network yang meretas perangkat komputer yang terhubung ke sebuah jaringan. Korban dari botnets ini sendiri disebut dengan istilah zombie karena dikendalikan oleh peretas. 
  • Malware, merupakan tindak cyber crime yang paling jamak dijumpai dan biasanya dalam bentuk menanamkan virus. Virus ini akan menempel saat pengguna internet mengakses email, website, dan sebagainya yang akan merusak data dari perangkat korban. 

Seberapa Penting Cyber Security? 

Seiring berjalannya waktu jenis atau bentuk dari kejahatan online tentu akan berkembang. Data yang dirusak atau bahkan perangkat keras korban tidak hanya akan dialami perorangan atau personal namun juga perusahaan. Berkaca dari kasus terbaru ketika salah satu situs jual beli online terbesar dan terkemuka di Indonesia berhasil diserang peretas. 

Artinya risiko diretas oleh pelaku cyber crime bisa dialami oleh bisnis online kecil maupun besar. Maka melihat fakta ini, kira-kira seberapa penting membangun sistem cyber security? Tentunya bisa langsung diketahui jawabannya, yakni sangat penting bahkan krusial karena saking pentingnya. 

Sebab sebuah bisnis dipastikan tidak hanya memiliki data internal perusahaan saja, namun juga data dari konsumen. Termasuk untuk pengunjung website dan media sosial perusahaan tanpa melakukan interaksi. Keamanan data tentu perlu dijaga semaksimal mungkin karena melibatkan banyak pihak. 

Ketika sistem keamanan sudah optimal maka akan memberi perlindungan tidak hanya pada perusahaan sendiri namun juga konsumen. Efeknya kredibilitas perusahaan terbangun dan tidak sedikit masyarakat yang menjadi konsumen tetap. Sebab Anda mampu membuktikan bahwa sistem keamanan yang dibangun memang mampu melindungi data pribadi mereka. 

Jika menerapkan sistem pendaftaran member, maka ketika mampu meyakinkan banyak orang bahwa sistem keamanan Anda bagus. Dipastikan jumlah pendaftar member baru akan bertambah dan semakin banyak. Peningkatan omset akan bertambah secara alami, atau paling tidak Anda memiliki prospek calon konsumen lebih banyak sehingga kesempatan terjadi transaksi meningkat. 

Membangun cyber security atau keamanan digital bukanlah perkara mudah, namun tidak tepat pula jika disebut sebagai perkara super sulit. Sebab ketika diusahakan maka sistem akan benar-benar mumpuni seperti yang sudah dilakukan banyak perusahaan berbasis online. Kebanyakan juga akan memilih memakai jasa profesional untuk membangun sistem perlindungan tersebut. 

Meskipun di awal akan membutuhkan modal yang lebih besar untuk membangun sistem keamanan. Namun langkah ini masuk ke dalam upaya investasi jangka panjang, sebab akan berdampak positif bagi masa depan bisnis online Anda. Jika butuh bantuan dalam membangun cyber security, Anda bisa menghubungi kontak 089653312998. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *