Memahami Perbedaan HTTP dan HTTPS Secara Mendetail

Perbedaan HTTP dan HTTPS Bagi siapa saja yang berencana membangun website, maka pastikan dulu untuk memahami perbedaan HTTP dan HTTPS. Selama ini HTTPS disebut-sebut dalam proses penentuan rank sebuah website untuk mencapai halaman pertama di mesin pencari. Namun, benarkah demikian? Sebab tidak sedikit pula website dengan domain HTTP mampu menyentuh halaman pertama mesin pencari.

Perbedaan Mendasar Antara HTTP dengan HTTPS

Agar tidak salah kaprah dalam menentukan mana yang terbaik antara HTTP dengan HTTPS ini, maka pahami dulu perbedaan dan keunggulan masing-masing. Begitupun dengan kekurangannya, supaya bisa menyesuaikan dengan kebutuhan dan mempermudah pencapaian target atau tujuan. Pertama membahas mengenai HTTP, istilah ini merupakan kependekan dari Hypertext Transfer Protocol.

HTTP juga bisa didefinisikan sebagai sebuah protokol yang digunakan untuk proses komunikasi antara dua sistem yang berbeda. Umumnya digunakan untuk menampilkan sebuah halaman website setelah membaca data dari server utama. Biasanya kata HTTP sendiri ada di awal nama website yang dikunjungi, demikian pula dengan HTTPS.

Agar lebih paham apa saja Perbedaan HTTP dan HTTPS maka perlu mengetahui juga pengertian HTTPS. HTTPS sendiri merupakan Hyprtext Transfer Protocol Secure yang biasanya dijumpai pada website yang di dalamnya ada transaksi pembayaran. Misalnya saja sebuah marktplace atau website yang dibangun untuk keperluan jual beli jasa atau produk pemilik website tersebut.

HTTPS dikatakan sebagai domain paling aman karena terlindungi, sehingga data pribadi dari para pengunjung website tersebut. Hanya saja tidak semua website dengan domain HTTP berbahaya, sebab bergantung pada prinsip kerja dari pengelola atau pemilik website tersebut. Namun, untuk keamanan yang terjamin domain HTTPS bisa diutamakan.

Keuntungan Menggunakan HTTPS

Ketika mengenal Perbedaan HTTP dan HTTPS maka bisa lebih mudah menentukan mana yang terbaik. Rata-rata pemilik website kini menggunakan domain HTTPS, dan alasannya adalah karena beberapa keuntungan berikut ini:

  1. Berdampak Baik untuk SEO

    Tahun 2014 lalu Google mengumumkan jika HTTPS akan menentukan hasil ranking, sehingga ketika menggunakannya maka kesempatan masuk ranking 10 besar lebih besar. Hanya saja jika berpindah dari HTTP ke HTTPS tidak serta merta bisa masuk ke peringkat 10 besar. Mengingat penentuan ranking pencarian ini dipengaruhi oleh banyak faktor, maka jika sejak awal memakai HTTPS maka menjadi lebih menguntungkan.

  2. Meningkatkan Kredibilitas

    Jika sebuah website menggunakan HTTPS maka ada jaminan keamanan, yang tentu lebih mudah mendapatkan kepercayaan pengunjung. Bagi website yang ditujukan untuk keperluan bisnis jangka panjang. Maka dianjurkan untuk menjadikan HTTPS ini sebagai pilihan, sehingga sejak awal sudah membuktikan jika website tersebut dan pemiliknya dijamin kredibel.

  3. Jaminan Privasi Pengguna Website

    Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bahwa menggunakan HTTPS memberi jaminan keamanan. Khususnya untuk data pengguna yakni data dari para pengunjung website tersebut. Sehingga data yang masuk dijamin aman, menekan resiko data disalah gunakan oleh pihak tidak bertanggung jawab. Artinya dengan HTTPS otomatis hak privasi para pengunjung jauh lebih terjamin.

HTTPS kini semakin banyak digunakan karena memang menawarkan beragam keuntungan bagi pemilik dan pengelola website. Penggunaannya juga lebih mudah apalagi zaman sekarang jasa pembuatan website sudah menjamur dan tumbuh subur. Namun, ada baiknya memilih jasa yang sudah kredibel dan berpengalaman. Sehingga dijamin paham apa Perbedaan HTTP dan HTTPS sekaligus bagaimana menerapkannya, agar memberi dampak positif bagi masa depan website yang dikerjakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *