Pengertian Bahasa Pemrograman python dan Penerapannya

Python Programming AdalahPython Programming Adalah – Terjun ke dunia IT tentunya akan membuat Anda familiar dengan berbagai bahasa pemrograman dan struktur coding. Jenis bahasa pemrograman cukup banyak beberapa sudah dianggap ketinggalan zaman dan tidak digunakan lagi. Sementara sebagian yang lainnya cenderung fleksibel, bahkan kerap digunakan oleh berbagai perusahaan ternama. Sebut saja seperti Google.

Salah satu jenis bahasa pemrograman yang banyak digemari dan dipilih para tenaga IT adalah python yang punya segudang kelebihan. Bagi Anda yang masih baru di dunia IT atau mungkin ingin mengembangkan keahlian di bidang ini. Jangan ragu untuk mengasah kemampuan menguasai python, karena diprediksi akan tetap populer di beberapa dekade mendatang.

Pengertian dari Bahasa Pemrograman python

  1. Sifatnya Open Source

    Sebelum mempelajari python lebih dalam akan sangat tepat jika memahaminya secara detail, untuk memudahkan proses pembelajaran di tahap berikutnya. Jadi python sendiri dikenal sebagai salah satu diantara beberapa bahasa pemrograman yang sifatnya open source. Artinya ketika Anda menguasainya maka bisa leluasa untuk menggunakannya dalam berbagai tujuan.

    Apalagi sifat python juga fleksibel untuk diterapkan dalam membangun berbagai jenis program. Baik yang berhubungan dengan pembangunan situs, aplikasi, sampai game online yang tentu perkembangannya sangat pesat. Siapa saja bisa menciptakan coding baru untuk memperluas library di dalam python.

    Alhasil fitur yang terdapat di dalam bahasa pemrograman ini sifatnya tidak saklek melainkan fleksibel. Anda bahkan bisa berkontribusi untuk menyiapkan fitur baru atau pengembangan dari fitur yang sudah ada. Berhubung coding yang dibawa python cukup simpel, maka berupaya untuk mengembangkannya menjadi lebih mudah dan sangat mungkin untuk dilakukan.

  2. Memfasilitasi Rapid Application Development

    Meskipun python dianggap kurang bagus untuk pembuatan program yang dijalankan di perangkat mobile, sebut saja aplikasi berbasis Android. Namun aktualnya kecepatan dari python sendiri mampu berjalan dengan baik di Rapid Application development atau aplikasi bertingkat. Hal ini didapatkan dari luasnya library yang dimiliki oleh python.

    Kemampuannya berjalan di aplikasi bertingkat juga sudah dibuktikan oleh perusahaan mesin pencari raksasa, yakni Google. Google diketahui menjadi pengguna dari bahasa pemrograman ini dan sukses menampilkan aneka jenis fitur di mesin pencarinya. Terlihat dari adanya fasilitas kalkulator, grafik fungsi, info cuaca, terjemahan, prediksi harga saham, dan pencarian gambar.

  3. Mendukung Berbagai Sistem Operasi

    Menulis coding bahasa pemrograman python juga semakin mudah dan dijamin mudah karena sifatnya yang bisa berjalan diberbagai sistem operasi. Sehingga tidak peduli sistem operasi yang Anda gunakan dijamin penulisan coding python memungkinkan untuk dilakukan di dalamnya. Tak perlu beralih ke perangkat lain untuk bisa mengaplikasikan semua coding python.

    Saat ini diketahui jika python mampu berjalan dengan baik di sistem operasi Windows Linux, Mac OS, Android, Amiga, Java Virtual Machine, dan lain sebagainya. jadi, di rumah dalam membangun program Anda memakai sistem operasi yang mana? Tak masalah sistem operasi mana saja yang dipakai, di dalamnya penggunaan python dijamin mudah karena memang cocok untuk semua sistem operasi.

Aplikasi Penggunaan Bahasa Pemrograman python

Tak hanya sangat fleksibel dipakai oleh siapa saja karena sifatnya open source dan bisa digunakan di semua sistem operasi. Bahasa pemrograman populer ini juga bisa diaplikasikan untuk berbagai tujuan, artinya program apapun yang tengah dikerjakan sangat mungkin untuk memakainya. Sampai detik ini penerapan python cukup luas, beberapa yang cukup populer adalah:

  1. Pengembangan Website

    Penggunaan pertama dari bahasa pemrograman python adalah untuk pengembangan website, dan banyak dipilih. Mendirikan sebuah situs menjadi lebih mudah dan juga cepat ketika menjadikan python sebagai bahasa pemrogramannya.

  2. Pengembangan Internet

    Tak hanya cocok dipilih untuk mengembangkan sebuah situs atau website, bahasa pemrograman satu ini juga bisa dipakai untuk mengembangkan internet. Sehingga bisa dipakai untuk menyediakan fitur atau fasilitas lebih kompleks dari tampilan browser yang digunakan. Penggunaan python sangat memungkinkan.

    Apalagi bahasa pemrograman satu ini bisa diintegrasikan dengan berbagai jenis Internet Protocol atau IP. Sebut saja seperti HTML, email processing, FTP, IMAP, dan lain sebagainya. Karakter ini menjadikan python sebagai bahasa pemrograman yang tepat untuk dipelajari dan dikuasai, karena bisa digunakan untuk berbagai keperluan di internet.

  3. Penelitian Ilmiah

    Bagi Anda yang sedang melakukan penelitian ilmiah dan mempergunakan data numerik atau berupa deretan angka. Maka sangat tepat jika menggunakan bahasa pemrograman python, karena memberi dukungan pada penelitian ilmiah. python sendiri juga bisa digunakan untuk mengolah data numerik menjadi jenis data yang mudah dipahami oleh semua kalangan.

  4. Analisis Big Data

    Melakukan analisa terhadap database big data menjadi sangat memungkinkan untuk dilakukan dengan lebih cepat bersama python. Pasalnya python termasuk ke dalam jenis bahasa pemrograman yang memang bisa dipakai untuk menganalisa berbagai jenis database. Salah satunya adalah database big data tadi.

  5. Media Pembelajaran Bahasa Pemrograman

    Kampus atau universitas yang sedang mencari media pembelajaran program maka bisa mengandalkan python. Pasalnya python masuk ke dalam jenis bahasa pemrograman yang mudah dan juga hemat untuk dipelajari. Sehingga cocok diterapkan di kampus-kampus sebagai media pembelajaran pemrograman dibanding bahasa mesin jenis lainnya.

  6. Interface untuk Aplikasi

    python memiliki library khusus yang bisa dipakai untuk pembuatan GUI atau Graphical User Interface untuk sebuah aplikasi online. Interface dari aplikasi ini bisa dibuat dengan bahasa pemrograman python. Menjadikannya lebih mudah untuk ditampilkan sesuai kebutuhan dan fitur yang tersedia di dalam aplikasi tersebut pun bisa disesuaikan dengan selera dan kebutuhan.

  7. Mengembangkan Software

    python juga bisa digunakan untuk mengembangkan ataupun membangun software baru yang sesuai dengan kebutuhan. Artinya python juga sangat memungkinkan untuk dipakai mengembangkan sebuah perangkat lunak. Supaya fitur sampai tampilan dari perangkat lunak tersebut tak pernah lekang oleh perubahan zaman.

  8. Aplikasi Bisnis dan Instansi

    Tak hanya bisa diandalkan untuk kebutuhan membangun sampai mengelola sebuah situs maupun aplikasi. python juga memungkinkan untuk dipakai membangun maupun memperbaiki dan mengembangkan sebuah aplikasi bisnis maupun instansi. Sehingga menjadi pilihan terbaik untuk menghadirkan sebuah aplikasi bisnis yang mumpuni dan mempermudah kinerja perusahaan.

    python juga menjadi bahasa pemrograman yang sering dipakai untuk menganalisa sebuah sistem informasi terkait aplikasi bisnis dan instansi. Sehingga penggunaannya sangat luas dengan tujuan yang juga sangat beragam. Anda yang tengah sibuk membuat aplikasi maupun situs, dijamin akan merasa lebih baik setelah menggunakan python di dalamnya

Rekomendasi Tempat Mempelajari Python

python tak hanya fungsional dengan beragam kegunaan yang dimilikinya,namun juga mudah untuk dipelajari. Tak mengherankan jika bahasa pemrograman satu ini menjadi sangat populer dan semakin populer seiring berjalannya waktu. Jadi, untuk Anda yang belum paham tentang bahasa pemrograman ini maka bisa mempelajarinya dari sekarang.

Tak sulit menemukan tempat kursus untuk mempelajari python, dan silahkan memilih yang dirasa yang terbaik. Jika butuh rekomendasi maka bisa menghubungi 0896-5331-2998.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *