Mengenal Teknik Python Web Scraping dengan Lebih Detail

Python Web ScrapingBagi siapa saja yang menekuni bisnis online maka dijamin akan berusaha mempelajari kegiatan bernama web scraping. Teknik dalam melakukan web scraping ini cukup beragam, dan salah satunya dengan Python web scraping yang banyak digunakan. Teknik satu ini akan membantu proses web scraping secara otomatis yang tentu lebih cepat dibanding teknik manual.

Mengenal Apa Itu Web Scraping?

Sebelum mengetahui dan mengenal lebih dalam mengenai teknik Python web scraping, kenali dulu apa itu web scraping. Kegiatan satu ini memang identik dilakukan oleh pelaku bisnis online, bisa dilakukan sendiri jika paham tekniknya atau menyewa jasa IT professional. Definisi dari kegiatan ini secara sederhana adalah proses mengumpulkan data dari sebuah atau berbagai website.

Website yang datanya diambil ini merupakan website milik kompetitor dari bisnis online yang digelut. Data yang diambil akan sangat membantu membangun strategi bisnis yang kuat dan kompetitif sehingga tidak lesu termakan oleh persaingan ketat. Data atau informasi dari website kompetitor ini biasanya berupa data produk atau layanan yang disediakan.

Data-data ini kemudian dikumpulkan dan disusun ke dalam sebuah lembar kerja baik memakai Spreadsheet, Microsoft Excel, maupun yang lainnya. Proses web scraping sendiri memiliki dua metode, pertama dilakukan secara manual dengan teknik copy lalu paste. Metode kedua adalah otomatis dengan menggunakan teknik coding, extension di browser, maupun menggunakan aplikasi.

Jenis Library Python untuk Kebutuhan Scraping

Bagi Anda yang ingin menggunakan teknik otomatis maka bisa mempertimbangkan teknik Python web scraping yang jauh lebih cepat dan praktis. Penggunaan bahasa Python akan membantu melakukan kegiatan web scraping dengan lebih cepat dan tentunya dengan lebih mudah.

Penggunaan bahasa pemrograman Python tidak terlepas dari penggunaan library yang tepat, dan bahasa ini punya  beberapa pilihan. Diantaranya adalah:

  1. Menggunakan Standard Library

    Jenis library yang pertama dan yang bisa digunakan untuk melakukan web scraping memakai Python adalah Standard Library. Sesuai dengan namanya, library satu ini memang masih standar sehingga dalam beberapa kasus perlu dikembangkan sendiri. Supaya hasilnya sesuai dengan harapan dan memaksimalkan proses web scraping tadi.

    Library ini mendukung proses request dan juga response parsing yang memang perlu dilakukan untuk memastikan web scraping berjalan sesuai harapan. Sehingga meskipun terbilang standar, namun dirasa sudah lebih dari cukup jika digunakan dengan tepat.

    Penggunaan modul urllib maupun urllib2 akan menjadi proses request dalam bahasa Python. Sedangkan untuk response parsing dilakukan dengan modul Simple DOM, CSV Parser, XML Parser, Xml, dan lain sebagainya.

  2. Menggunakan Modul Request

    Jika membutuhkan library yang memiliki fitur lebih baik dalam menunjang pekerjaan coding memakai Python. Maka bisa menjadikan Request sebagai alternatif, karena modul untuk proses request dan response parsing bisa dilakukan otomatis disini. Metode yang digunakan untuk proses request di library ini juga hadir dalam banyak pilihan.

    Misalnya saja dengan metode GET, OPTION, DELETE, POST, PUT, dan juga HEAD yang mempermudah proses coding tadi. Metode di dalam library Request ini juga menyediakan fitur kustom untuk area header. Sehingga bisa menangani header yang melewati batasan tertentu untuk hasil web scraping yang maksimal.

  3. Menggunakan BeautifulSoup4

    Jika menjumpai website yang kompleks dan menggunakan HTML, maka akan lebih mudah melakukan web scraping memakai library BeautifulSoup4 dari Python. Library satu ini bisa melakukan proses pengambilan data dengan batasan yang diatur sesuai kebutuhan. Misalnya saja pengambilan data berbasis class, ID, maupun aspek lainnya.

    Library satu ini memiliki fitur khusus yang membuatnya bisa mengolah data dari sumber yang kompleks. Bisa pula mengambil data berupa dokumen yang kompleks juga, sebagai contohnya adalah dokumen XML. Supaya hasilnya maksimal dokumen XML ini kemudian dioptimasi dengan HTML supaya teknik Python web scraping memberi hasil optimal.

  4. Menggunakan Selenium

    Selenium menjadi library di dalam Python yang sangat menarik untuk digunakan, karena library ini memberikan kamuflase yang sempurna. Lewat Selenium Anda bisa terlihat seolah-olah menekan suatu tombol di website yang dituju. Cukup dengan satu kali klik saja maka berbagai informasi dari dalam website tersebut bisa didapatkan.

  5. Memakai Scrapy

    Bagi yang menghendaki proses Python web scraping dengan sangat cepat atau lebih cepat. Maka dijamin akan dianjurkan untuk menggunakan library Scrapy yang merupakan library tertinggi dan tercanggih dibanding yang lainnya. Library ini dirancang memiliki fitur yang lengkap dan canggih, sehingga proses web scraping lebih maksimal sekaligus praktis.

Library Python yang digunakan nantinya akan menentukan seberapa mudah proses web scraping bisa dilakukan. Semakin kaya fitur maka semakin mudah prosesnya, dan bahkan bisa berlangsung hanya dengan satu kali klik. Jadi, silahkan menimbang satu diantara semua library Python di atas untuk digunakan.

Manfaat Dilakukannya Web Scraping

Melakukan web scraping tentunya semakin mudah dengan penggunaan Python ditunjang library yang sesuai. Melakukan kegiatan web scraping ini juga bukan tanpa alasan dan manfaat, dilihat dari segi manfaat. Maka akan menjumpai beberapa jawaban berikut ini:

  • Membantu mendapatkan leads.
  • Bisa membandingkan ulasan dalam jumlah yang banyak sekaligus.
  • Melakukan optimasi terhadap harga produk maupun kualitas layanan yang diberikan pada pelanggan.
  • Bisa mendapatkan informasi mengenai sebuah perusahaan secara detail.

Mempelajari kompetitor menjadi lebih mudah dengan web scraping, dan salah satunya dengan memakai Python untuk coding. Agar lebih praktis lagi maka Anda bisa memakai jasa IT professional, bisa menghubungi kontak 0896-5331-2998. Melalui kontak ini Anda bisa menemukan kemudahan dalam memakai teknik Python web scraping dan dijamin hasilnya maksimal tersedia juga Kursus Web Scraping dengan python. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *