4 Fungsi Utama Sistem Informasi Manajemen Sekolah Berbasis Web

sistem informasi manajemen sekolah berbasis webTeknologi yang terus berembang kemudian menciptakan teknologi sistem informasi manajemen sekolah berbasis web. Artinya, untuk mendukung proses tata kelola manajemen di sebuah sekolah kini tidak lagi dilakukan secara manual. Melainkan sudah menggunakan sistem informasi yang aksesnya dilakukan dengan perangkat komputer.

Salah satu jenis sistem informasi manajemen yang paling banyak diminati adalah yang berbasis web. Artinya, tata kelola manajemen di sekolah yang bersangkutan sudah dibuat online melalui website khusus sekolah tersebut. Jika masih asing dengan teknologi satu ini, maka bisa mempelajarinya lebih dalam melalui penjelasan berikut.

Pengertian Sistem Informasi Manajemen Sekolah Berbasis Web

Sebelum membangun sebuah sistem informasi manajemen sekolah berbasis web maka bisa mengenal dulu pengertiannya. Bermula dari pengertian sistem informasi manajemen sekolah yang kemudian disingkat menjadi SIM Sekolah. SIM Sekolah merupakan sekelompok atau sekumpulan proses dimana data di sekolah bisa dianalisis, diolah, dan ditampilkan untuk mendukung kegiatan pengambilan keputusan.

Pengambilan keputusan ini bisa diartikan sebagai proses menentukan kebijakan yang menjadi solusi atas suatu masalah atau informasi yang didapatkan pihak sekolah. Misalnya saja, pihak sekolah mendapat informasi bahwa ada banyak orangtua murid dari luar kota tertarik untuk bersekolah di sekolah tersebut.

Pihak sekolah tentu menyulitkan pihak keluarga murid jika pendaftaran siswa baru dilakukan manual, karena harus datang jauh-jauh dari luar kota. Bagaimana jika pada akhirnya siswa baru tersebut tidak diterima karena nilai yang tidak sesuai kualifikasi atau hasil ujian masuk yang rendah? Maka dibuat sistem informasi manajemen sekolah berbasis web yang membantu proses pendaftaran tersebut.

Sistem informasi di sebuah sekolah juga bertujuan untuk kebutuhan internal, yakni semua pihak internal sekolah. Mulai dari guru, pegawai di tata usaha, kepala sekolah, dan pegawai tambahan lainnya. Sehingga orangtua siswa maupun siswa di sekolah tersebut tidak bisa mengakses website yang merupakan SIM Sekolah tadi. 

Fungsi SIM Sekolah Berbasis Web

Membangun SIM Sekolah memang pada awalnya akan membutuhkan dana yang tidak sedikit. Hanya saja di masa mendatang ketika sistem ini sudah berjalan dan dimanfaatkan dengan optimal. Maka bisa memangkas sejumlah biaya operasional, sehingga pihak sekolah bisa menekan pengeluaran bulanan maupun tahunan.

Supaya manfaat tersebut didapatkan maka perlu membangun sistem informasi manajemen sekolah berbasis web yang sesuai kebutuhan. Dijamin tidak akan rugi, karena SIM Sekolah sendiri memiliki banyak fungsi. Diantaranya adalah:

1. Membantu Mengambil Keputusan

Fungsi pertama dari SIM Sekolah tentu saja sesuai penjelasan sebelumnya adalah membantu mengambil keputusan. Saat ada suatu masalah atau ketika ada suatu event dan perlu direncanakan suatu kegiatan. Maka keputusan bisa segera diambil dengan cepat dan tepat lewat sistem yang sudah dibuat berbasis website tersebut.

Proses pengambilan keputusan tidak hanya lebih mudah karena semua orang di dalam sekolah bisa berinteraksi langsung secara online. Akan tetapi juga mempercepat proses pengambilan keputusan. Sebab semua pihak internal bisa langsung menyampaikan pendapatnya.

Sehingga keputusan bisa segera dibuat, kebijakan kemudian bisa segera disusun, dan tentunya bisa segera diterapkan. Tidak perlu lagi menunggu hari kerja agar semua pihak di sekolah masuk dan bisa mengadakan rapat. Pengambilan keputusan bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja berkat sistem informasi manajemen sekolah berbasis web yang sudah terintegrasi.

2. Membantu Menemukan Masalah Lebih Dini

Adanya SIM di sekolah juga membantu semua pihak untuk mengetahui ada tidaknya masalah di lingkungan sekolah. Misalnya saja terkait nilai siswa yang mendadak anjlok jauh dibanding semester sebelumnya. Para guru dan pegawai di sekolah tentunya perlu mengecek penyebab kondisi tersebut.

Apakah memang karena materi yang lebih sulit dari semester sebelumnya atau karena ada acara di sekolah sehingga jam belajar siswa terganggu. Atau karena penyebab yang lainnya? Semua informasi terkini di dalam lingkungan sekolah akan dilaporkan masing-masing pihak yang bertanggung jawab.

Seketika laporan diunggah maka semua akan mengetahui ada tidaknya masalah dan kemudian bisa segera mencari solusinya. Sehingga pihak manapun yang mendapatkan masalah bisa segera dibahas dan mendapat penyelesaian. Tanpa perlu menunggu hari kerja untuk bisa berbincang dengan kepala sekolah maupun pihak lainnya.

3. Membantu Memantau Kinerja Karyawan Sekolah

Pihak sekolah tentunya memiliki sejumlah karyawan yang mencakup para guru, pegawai di bagian tata usaha, pegawai di area kebun, dan lain sebagainya. Bagi sebuah sekolah besar yang memiliki banyak siswa, maka jumlah karyawan jauh lebih banyak.

Pihak sekolah tentu tidak menghendaki adanya karyawan yang kinerjanya kurang maksimal. Melalui sistem informasi manajemen sekolah berbasis web, semua karyawan menyusun laporan kinerja secara berkala. Sehingga pihak Kepala Sekolah bisa tahu karyawan mana yang kinerjanya bagus dan mana yang perlu diberi motivasi dan wejangan.

4. Memudahkan Koordinasi Antar Bagian

Sebagaimana yang disampaikan di poin sebelumnya, pihak sekolah memiliki banyak karyawan dengan tugas dan tanggung jawab masing-masing. Ada kalanya semua bagian perlu melakukan koordinasi.

Misalnya menentukan jadwal les tambahan bagi para siswa dan pengadaan suatu event. Koordinasi semua karyawan sekolah menjadi lebih mudah dengan SIM Sekolah berbasis web, karena semua bisa berkoordinasi secara online dan real time.

Membutuhkan sistem informasi manajemen sekolah berbasis web? Sebenarnya, untukmembangun sistem informasi manajemen tidak harus dilakukan sendiri. Bisa menggunakan jasa profesional sehingga pihak sekolah terima beres. Dimana sistem sudah dibangun dan kemudian menyediakan semua sistem pengelolaan yang dibutuhkan.

Sebagai rekomendasi jasa pembuatan sistem informasi manajemen sekolah yang berbasis web, maka bisa menghubungi kontak 0896-5331-2998. Nantinya akan dibantu membangun sistem informasi manajemen yang akurat, handal, dan tentunya sesuai kebutuhan. Selain berbasis web kami juga menyediakan sistem informasi manajemen sekolah berbasis android 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *