Mengenal Data Warehouse dan Manfaat Mempelajarinya

Training Data Warehouse Jakarta – Saat ini sudah menjadi rahasia publik, jika teknologi di bidang informatika begitu pesat berkembang. Melalui teknologi itu beragam kegiatan manusia dapat menjadi lebih sederhan dan cenderung mudah untuk dilakukan. Salah satu bentuk teknologi yang kini sedang hangat diperbincangkan adalah teknologi data warehouse. Lantas apa itu data warehouse? Dan adakah tempat untuk mempelajarinya? Mari kita bahas bersama melalui paparan berikut ini.

Apa Itu Data Warehouse?

Berbicara tentang definisi data warehouse, maka sebetulnya ada berbagai pendapat yang menjelaskannya. Pertama, menurut Navathe dan Elmasari (2004) menjelaskan bahwa data warehouse merupakan sekumpulan informasi yang memiliki keunggulan sama dan memiliki andil dalam pengambilan keputusan. Kedua, Shadan (2005) menuturkan bahwa data warehouse adalah tempat untuk meletakkan data yang bersifat historikal dan juga menjadi landasan dalam pengambilan keputusan.

Jika melihat beberapa pendapat tadi, maka sebetulnya data warehouse adalah sekumpulan informasi yang memiliki karakteristik historikal dan sering digunakan untuk pengambilan keputusan. Data historikal terkumpul dalam sebuah sistem yang dibangun menggunakan serangkai alat komputerisasi dan sudah tentu memerlukan ruangan khusus untuk membagunnya. Selain itu, sistem data warehouse ini pun juga memerlukan operator dengan keahlian khusus. Oleh sebab itu saat ini telah banyak yang menyediakan jasa pelatihan, diantaranya adalah jasa training data warehouse jakarta.

Unsur dalam Sistem Data Warehouse

Data warehouse merupakan sebuah sistem data yang diharapkan mengolah data yang saling terintegrasi antara satu dengan yang lainnya. Tentunya sistem data semacam ini memiliki sejumlah unsur maupun komponen tersendiri, sehingga mampu bekerja sebagaimana mestinya. Berikut ini beberapa unsur yang dalam sistem data warehouse.

  1. Data Storage

    Unsur pertama yang lumrah adalah dalam sistem data warehouse adalah data storage. Unsur ini memiliki peranan penting sebagai tempat menyimpan data. Biasanya data yang disimpan berasal dari data staging.

  2. Information Delivery

    Unsur kedua dikenal dengan istilah information delivery. Unsur ini merupakan sebuah teknologi yang berfungsi untuk menyampaikan data berbentuk informasi kepada user. Pada unsur information delivery ini juga terdapat aspek email, online dan infrared.

  3. Source Data

    Ketiga, sistem data warehouse juga memiliki unsur yang disebut source data. Source data merupakan unsur yang memiliki peranan sebagai gudang data. Gudang ini menampung data dari berbagai sumber, seperti sumber internal, archived, dan sumber lainnya.

  4. Meta Data

    Unsur keempat yang juga ada dalam sistem data warehouse adalah unsur yang dapat menjelaskan data. Unsur ini memiliki peranan menyerupai kamus data. Umumnya terdapat beberapa jenis meta data, yaitu meta data user, meta data operasional dan meta data transformasi.

  5. Data staging

    Data staging merupakan jenis unsur lainnya yang ada dalam sistem data warehouse. Data staging adalah jenis data yang telah diekstrak. Meskipun data telah diekstrak, namun hal itu tidak merubah kedudukan nilai data.

  6. Control And Management Data

    Unsur terakhir yang ada dalam data warehouse ini adalah Control And Management Data. Unsur ini memiliki peranan mengelola data warehouse. Umumnya data yang diolah merupakan data bersumber dari data staging dan juga meta data.

Bagaimana cukup menarik bukan data warehouse ini? Tentunya akan sangat penting bagi Anda untuk memiliki bekal pengetahuan tentang pengelolaan data ini. Terlebih jika nantinya Anda akan bekerja dalam bidang pengelolaan data di perusahaan. Lazimnya teknologi dan skill pengelolaan data warehouse digunakan oleh perusahaan asuransi, perusahaan telekomunikasi, hingga bidang olahraga.

Apakah Anda tertarik untuk mempelajarinya? Jika iya maka Anda dapat memanfaatkan jasa training data warehouse yang kini telah tersedia. Anda hanya perlu menghubungi kontak 0896-5331-2998 dan mengkonsultasikan kebutuhan Anda. Masih ragu? Coba simak beberapa manfaat jika mengikuti training data warehouse jakarta berikut ini.

3 Manfaat Mengikuti Training Data Warehouse Jakarta

Sebagaimana telah disinggung tadi, bahwa saat ini telah banyak yang menyediakan pelatihan data warehouse, diantaranya adalah jasa training data warehouse jakarta. Tentunya jasa ini akan sangat berguna bagi Anda yang memang ingin mendalami informasi tentang data warehouse. Berikut ini beberapa manfaat yang didapat jika Anda mengikuti kegiatan training tersebut.

  1. Mendapatkan Ilmu Lebih Valid

    Manfaat pertama yang dapat Anda rasakan adalah Anda akan mendapatkan ilmu yang lebih valid. Jika mengikuti training data warehouse jakarta ini maka Anda dipastikan mendapatkan pelayanan terbaik, khusus dari sisi ilmu yang diberikan. Tentunya hal ini akan jauh lebih bermakna daripada Anda belajar secara mandiri.

  2. Dituntut Oleh Tutor Berpengalaman

    Selanjutnya, Anda akan mendapatkan pengalaman baru sebab dibimbing langsung oleh tutor yang berpengalaman. Jasa training data warehouse jakarta akan menyediakan tutor handal yang siap sedia membimbing peserta training agar mampu menguasai data warehouse ini.

  3. Memperoleh Sertifikat Khusus dalam Bidang Data Warehouse

    Manfaat ketiga yang tidak kalah menariknya adalah Anda akan mendapatkan sertifikat khusus di bidang data warehouse. Tentunya sertifikat ini akan menjadi bukti real bahwa Anda benar-benar mampu mengolah data warehouse tersebut. Selain itu, sertifikat tersebut akan menjadi nilai plus bagi Anda ketika akan melamar pekerjaan di bidang data warehouse.

Setelah memperhatikan penjelasan tadi, apakah Anda sudah yakin untuk mengikuti training data warehouse jakarta? Jika iya, segera hubungi kami melalui kontak 089653312998. Kami akan memastikan bahwa Anda akan mendapatkan pelatihan terbaik oleh tutor yang benar-benar ahli di bidangnya. Jangan lupa ajak pula teman atau kerabat Anda yang sama-sama ingin mendalami ilmu pengelolaan data warehouse ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *