Pengertian dan Keuntungan Mengikuti Training ISO 8583 dengan JPos

Training ISO8583 dengan JPosTraining ISO8583 dengan JPos – Setiap perusahaan dijamin akan melakukan training secara berkelanjutan kepada SDM yang dimiliki, dan training ini bisa diberikan pada semua karyawan. Tanpa harus memilih jabatan-jabatan strategis saja apabila memang dibutuhkan. Bidang perusahaan yang berbeda akan memiliki kebutuhan training yang berbeda pula, sehingga tidak bisa dipukul rata.

Khusus untuk perusahaan yang bergerak di bidang keuangan, yakni perbankan maka dikenal ada beberapa training yang sifatnya khas. Salah satunya adalah pelatihan ISO 8583 yang berkenaan dengan proses pelaporan transaksi agar sesuai dengan standar. Baik untuk kartu debit maupun kartu kredit yang dipegang oleh semua nasabahnya.

Pengertian ISO 8583

Sebelum membahas lebih jauh, maka yang pertama kali perlu dilakukan adalah mengenal atau memahami definisi dari ISO 8583 itu sendiri. ISO 8583 sendiri secara sederhana bisa diartikan sebagai standar dalam melaporkan format transaksi menggunakan kartu elektronik, baik debit maupun kredit.

Penerapan ISO ini sendiri paling umum adalah di mesin EDC dan mesin ATM yang memberi kemudahan bagi nasabah untuk membayar berbagai transaksi yang dilakukan di berbagai tempat belanja. Sebagai salah satu standar dalam dunia transaksi keuangan, maka penggunakan ISO 8583 ini menjadi wajib untuk dilakukan.

Pengertian JPos

Berhubung ISO 8583 ini melibatkan mesin transaksi untuk membaca kartu kredit maupun kartu debit. Maka akan melibatkan bahasa pemrograman pada mesin untuk membaca kode standarisasi tersebut. Jenis bahasa pemrograman yang bisa digunakan beragam, dan setiap perbankan bebas hendak memakai yang mana.

Idealnya tentu saja untuk memilih bahasa pemrograman yang mudah untuk dikelola dan mampu menghadirkan fitur sesuai kebutuhan. Salah satu bahasa pemrograman yang banyak digunakan adalah JPos yang termasuk bahasa populer untuk transaksi keuangan. Bahasa mesin ini sendiri bahkan melengkapi training ISO 8583 yang disediakan oleh banyak perusahaan konsultan.

Secara umum JPos sendiri merupakan sebuah librabry yang penulisannya menggunakan bahasa pemrograman Java. Sehingga seseorang perlu menguasai Java terlebih dahulu untuk bisa mengelola bahasa JPos ini. Meski dalam beberapa kasus bisa sebaliknya, karena coding yang digunakan antara Java dan JPos nyaris sama.

Bahasa JPos sudah memiliki kemampuan yang baik untuk membaca pesan transaksi dengan standar ISO 8583. Sampai sekarang pun penggunaannya jamak dilakukan, karena diakui mampu membaca ISO 8583 tadi dengan baik. Resiko transaksi menjadi eror pun lebih minimal, apalagi jika dikelola oleh tenaga IT yang memang profesional dan paham JPos ini.

Keuntungan Training ISO 8583 dengan JPos

Perusahaan perbankan tentu memahami bagaimana efek mempergunakan sistem sesuai standar, dijamin lebih aman dan menguntungkan. Maka disarankan untuk mengikuti training ISO 8583 dengan JPos di dalamnya. Sehingga training ini bisa dikatakan sebagai training satu kesatuan yang penting bahkan dalam beberapa kasus menjadi wajib untuk diikuti.

Memilih mengikuti training jenis ini akan membantu memperoleh beragam keuntungan, diantaranya adalah:

  1. Laporan Transaksi Nasabah Sesuai Standar

    Mengikuti training ISO 8583 dengan menggunakan JPos sudah tentu akan memberi kemudahan untuk mengikuti standar. Sebab gabungan keduanya menjadi standar dalam mengola data transaksi dari perbankan ke nasabah dan sebaliknya.

    Training ini akan membantu memberikan laporan transaksi sesuai standar, sehingga mengikuti prosedur yang ada untuk meminimalkan resiko melakukan pelanggaran. Tanpa training bisa jadi akan sulit mengetahui standar ini alih-alih menerapkannya di lapangan.

  2. Kemudahan dalam Proses Maintenance

    Usai menerapkan ISO 8583 dengan JPos maka dijamin akan membutuhkan maintenance yang tentu perlu ilmu untuk melakukannya. Ilmu atau pemahaman ini bisa didapatkan melalui training, sehingga wajib dan tepat untuk diikuti. Memilih training dari lembaga terpercaya akan memberikan pemahaman lebih baik dan mendetail. Sehingga proses maintenance tepat dan lebih mudah yang tentunya akan menekan resiko melakukan kesalahan.

  3. Mendapatkan Sertifikasi

    Keuntungan dari mengikuti pelatihan atau training adalah mendapatkan sertifikasi sebagai bukti memiliki kompetensi yang diajarkan. Sertifikasi ini pula yang akan didapatkan ketika mengikuti training ISO 8583 dengan JPos. Sertifikasi ini bisa membantu memberi informasi pada publik dan pihak-pihak terkait jika sudah memenuhi standar.

    Yakni mengaplikasikan dengan prosedur yang sudah sesuai karena sudah diajarkan di training tersebut. Minusnya sertifikat membuat Anda dan perusahaan kesulitan untuk memastikan sudah mengikuti training. Sehingga tidak memiliki bukti untuk menunjukan jika sudah memiliki kecakapan dan kemampuan untuk menerapkan standar ISO tadi.

  4. Paham Penerapan di Lapangan

    Training yang diikuti tak hanya memberi arahan secara teori namun juga praktek, semuanya akan diajarkan sampai matang dan dipahami secara detail. Manfaatnya di kemudian hari adalah pelaku atau peserta training bisa menerapkan ilmu yang diajarkan. Sehingga tidak sekedar mendapatkan sertifikasi sebagai bukti sudah mengikuti training.

    Akan tetapi juga sudah membuktikan memiliki kemampuan untuk mempraktekannya di lapangan. Apalagi penggunaan ISO 8583 ini sifatnya sudah boleh dikatakan wajib, maka perlu segera diterapkan. Supaya transaksi yang dibaca oleh mesin dan laporannya sudah sesuai dengan standar.

Mengikuti training untuk menyesuaikan perusahaan dengan standar umum menjadi sangat penting untuk dilakukan. Selain meningkatkan keahlian dan kecakapan juga sekaligus membantu membentuk citra positif di mata masyarakat. Apalagi untuk perbankan yang menjadi media bagi masyarakat mempercayakan hartanya. Sehingga training memberi banyak keuntungan bagi perusahaan di bidang ini.

Agar hasil training optimal dan penyerapan materi lebih mudah maka perlu mengikuti training dari lembaga berkualitas. Anda yang tertarik mengikuti training ISO 8583 dan JPos bisa menghubungi kontak 0896-5331-2998 untuk jadwal pelatihan sesuai standar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *